Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Melalui Pendekatan Matematika Realistik

  • Isman M Nur Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Muzakir Hi Sultan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Ruslan Laisouw Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Hasanuddin Usman Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Yani Awal Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Maya Rumakat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Fachmi Buamona Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Keywords: Berpikir Kreatif, Matematika Realistis, Hasil Belajar

Abstract

Berpikir kreatif penting bagi siswa saat mempelajari matematika. Siswa perlu berpikir kreatif agar mudah menyelesaikan masalah. Pendekatan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah pembelajaran matematika realistik. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan matematika realistik dan pembelajaran konvensional. (2) untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan matematika realistik dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan desain kelompok kontrol non-ekivalen. Subjek penelitian adalah siswa kelas X berjumlah 40 siswa. Instrumen tes uraian terdiri dari empat soal dilengkapi dengan kunci jawaban. Data diperoleh dari hasil pre-test dan post-test dianalisis menggunakan Microsoft Office Excel dan SPSS dengan taraf nyata  = 0,05. Hasil penelitian diperoleh, (1) hasil perhitungan N-Gain siswa memperoleh pembelajaran matematika realistik meningkat 0,50 (kategori sedang), sedangkan siswa mempeoleh pembelajaran konvensional meningkat 0,40 (kategori sedang). (2) hasil analisis N-Gain guna mengukur besarnya mutu peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa memperoleh pembelajaran matematika realistik lebih baik daripada siswa memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian selanjutnya melakukan penelitian mengkaji model pembelajaran yang terintegrasi dengan kemampuan berpikir kreatif. Selain itu, mempertimbangkan jumlah subjek karena subjek yang disediakan dalam penelitian ini terbatas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Eragamreddy, N. (2013). Teaching creative thinking skills. International Journal of English Language & Translation Studies, 1(2), 124–145.

Habsyi, R., Saleh, R. R. M., & Nur, I. M. (2023). Proses Berpikir Kreatif Siswa Berkepribadian Adversity Quotient dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Ditinjau dari Teori Pemrosesan Informasi. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(3), 851–862. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1175

Harjoko, H., & Lidyasari, A. T. (2024). Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemecahan Masalah di Kelas III SD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1847–1854. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6394

Khotimah, S. H., & As’ad, M. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 491–498.

Muti’ah, U., & Waluya, S. B. (2019). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Strategi Scaffolding.

Nur, I. M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Guided Teachingberbasis Soft Skills. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 30–38. https://doi.org/10.23969/pjme.v4i2.2507

Nur, I. M., & Sari, D. P. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Guided Teaching Berbasis Soft Skills. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(4), 1012–1022. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.724

Nur, I. M., Sari, D. P., & Ariyanti Jalal. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Snowball Throwing. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(4), 931–940. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i4.1980

Nurhanifah, N. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas viii smp pada materi geometri. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 1(2), 161–172.

Palinussa, A. L. (2013). Students’ Critical Mathematical Thinking Skills and Character:Experiments for Junior High School Students through Realistic Mathematics Education Culture-Based. Journal on Mathematics Education, 4(1), 75–94. https://doi.org/10.22342/jme.4.1.566.75-94

Prayudi, W. S., & Rahman, T. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Self-Confidence Siswa Sma Melalui Strategi Pembelajaran Think, Talk, Write (Ttw) Dengan Mind Mapping. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 6(1), 49–59.

Sugandi, A. I., Bernard, M., & Linda, L. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kreatif melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan VBA Excel. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 111–121. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5795

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methohs). Bandung: Alfabeta.

Suherman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Wardani, Y. E., & Suripah, S. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Berdasarkan Kemampuan Akademik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3039–3052. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2338

Zulkardi. (2021). Realistic Matematics Education (RME): Teori, Contoh Pembelajaran, dan Taman Belajar di Internet. Makalah pada seminar sehari RME.

Published
2025-12-17
How to Cite
Nur, I., Sultan, M., Laisouw, R., Usman, H., Awal, Y., Rumakat, M., & Buamona, F. (2025). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(2), 739-750. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i2.1101