Sintesis Teori Dewey, Brownell, dan Dienes dalam Pembelajaran Matematika

  • Dila Nur Alivah Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Rizki Nizar Abdillah Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Fathur Satya Adiguna Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Kusno . Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
Keywords: Brownell, Dewey, Dienes, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Matematika

Abstract

Pembelajaran matematika abad ke-21 menuntut pendekatan yang tidak hanya prosedural, tetapi juga menekankan pemahaman konsep, berpikir kritis, dan kemampuan mengaitkan matematika dengan konteks nyata. Dalam konteks Kurikulum Merdeka yang berorientasi pada pembelajaran bermakna dan berpusat pada peserta didik, teori Dewey, Brownell, dan Dienes menjadi sangat relevan sebagai landasan pedagogis. Namun, praktik pembelajaran di sekolah masih didominasi metode ceramah, penggunaan prosedur mekanis, serta minimnya refleksi dan transisi konsep dari konkret ke abstrak. Penelitian ini bertujuan melakukan sintesis teoritis antara tiga teori tersebut dan mengidentifikasi kesenjangan implementasinya dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah systematic literature review (SLR) terhadap artikel tahun 2021–2025 dengan protokol PRISMA, yang menghasilkan 18 artikel terpilih dari 124 temuan awal. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan media konkret ala Dienes efektif mendukung pembentukan konsep melalui tahapan konkret–semi konkret–abstrak, prinsip learning by doing Dewey memperkuat keterlibatan dan refleksi peserta didik, sedangkan pembelajaran bermakna menurut Brownell memastikan terbangunnya relasi konseptual yang stabil. Sintesis ketiganya menghasilkan model integratif yang memadukan eksplorasi kontekstual, manipulasi konkret, konstruksi makna, dan refleksi berkelanjutan sebagai satu siklus pembelajaran. Penelitian ini berkontribusi dalam menyediakan kerangka konseptual yang komprehensif bagi guru dan pengembang kurikulum untuk mengimplementasikan pembelajaran matematika yang lebih bermakna, progresif, dan sesuai tuntutan pembelajaran abad ke-21

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisah, S., & Wirandani. (2024). Penguatan Konsep Bernalar pada Pembelajaran Matematika. Abdimas Universal, 6(2), 442–448. https://abdimasuniversal.uniba-bpn.ac.id/index.php/abdimasuniversal/article/view/537

Arsi, A. N. … Rahayu S, P. (2025). Peran Media Domino Dalam Membangun Pemahaman Konseptual Perkalian. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?

Dwi Aprilita, T., & Handican, R. (2023). Persepsi Siswa terhadap Implementasi Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Application, 3(3), 546. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya

Hasanah, Niswatun; Nurina, Anisa; Darmayanti, Rani; Sah, A. wahyu R. (2022). Teori Belajar Bruner dan Dienes. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar, 003, 1–19. https://doi.org/10.64421/ijcse.v1i2.28

Iyanda, R. F. … Utama, H. B. (2025). Inovasi Pendidikan Mulalui Kurikulum Merdeka: Upaya Meningkatkan Keterampilan Siswa di Abad ke-21. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 02(01), 390–394. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jimp/article/view/885

Kuswandi, S. … Delia Putri, N. (2021). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas V Sd. Jurnal Tahsinia, 2(1), 97–109. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.280

Legi, M. Y. (2021). Penggunaan Blok Dienes untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Penjumlahan Bilangan Cacah pada Siswa Sekolah Dasar Mozes. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(Penggunaan Blok Dienes untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Penjumlahan Bilangan Cacah pada Siswa Sekolah Dasar). https://doi.org/10.5281/zenodo.4497743

Manek, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Media Blok Dienes Pada Materi Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.35508/fractal.v4i1.10368

Novita Barokah, & Umi Mahmudah. (2025). Transformasi Pembelajaran Matematika SD Melalui Deep Learning: Strategi untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi. Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 3(3), 48–61. https://doi.org/10.62383/bilangan.v3i3.521

Nurmala … Khatimah, H. (2025). Efektivitas Media Tempel Angka dalam Mengajarkan Konsep Bilangan Bulat dan Bilangan Prima pada Siswa Kelas IV SD. | ANTHOR: Education and Learning JournalANTHOR: Education and Learning Journal, 4, 17–22. https://doi.org/10.31004/anthor.v4i1.370

Pawartani, T., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Pengembangan Kompetensi Guru untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2182–2191. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3478

Putra, M. … Mahmud, S. (2024). Classical and Modern Conceptions of Learning Theory Development : A Historical Pedagogical Analysis Konsepsi Klasik dan Modern Pengembangan Teori Belajar : Suatu Analisis Historis. Teungku: Jurnal Guru Nahdlatul Ulama, 3(2), 1–27.

Rachmawati, I. … Pangestika, R. R. (2021). Pengembangan Media Buletin Matematika Berbasis Pendekatan Realistik Pada Siswa Sekolah Dasar. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 32–44. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.32-44

Salsabila, L. (2024). Efektivitas Strategi Pembelajaran Kolaboratif Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Petarukan. (Doctoral Dissertation, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan), 167–186. https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustaka/e-resources/google-scholar

Salsabila, Y. R., & Muqowim. (2024). Korelasi Antara Teori Belajar Konstruktivisme Lev Vygotsky Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Yulia Rakhma Salsabila 1 , Muqowim 2. Jurnal P4I, 4(3), 813–827. https://doi.org/10.51878/learning.v4i3.3185

Sam, R., & Sulastri, C. (2024). Profesionalisme Guru dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Siswa. Arini: Jurnal Ilmiah Dan Karya Inovasi Guru, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.71153/arini.v1i1.74

Sariyanto, S. … Sulistyaningsih, D. (2025). Effectiveness of Quizz based Edugame as Learning Support Media for Improvement of Learning Outcomes. Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 5(1), 22–31. https://doi.org/10.58740/juwara.v5i1.377

Setiawan, M. A. (2024). Belajardanpembelajaran[1]. Jurnal Basicedu, 08, 466–476.

Sutini, N. M. S. (2025). Penerapan Metode KONTRAK (Konkret-Representasi-Abstrak) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan dan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 6(2), 255–262. https://doi.org/10.53299/diksi.v6i2.1710

Wathoni, N. (2024). Penggunaan Media Konkret Dalam Pembelajaran Konsep Matematika Abstrak. Jurnal Ilmiah Ipa Dan Matematika, 3Sariyanto(2), 106–112. https://jurnalcendekia.id/index.php/jiim/

Zulela, M. S. (2025). Pendampingan Guru dalam Implementasi Deep Learning dan SDGs pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Community Service in Education, 1(November), 68–79. https://doi.org/10.64421/ijcse.v1i2.28

Published
2025-12-05
How to Cite
Alivah, D., Abdillah, R., Adiguna, F., & ., K. (2025). Sintesis Teori Dewey, Brownell, dan Dienes dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(2), 700-713. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i2.1086