Hubungan antara Kemampuan Numerik dan Efektivitas Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa
Abstract
Kemampuan numerik merupakan fondasi utama dalam pembelajaran matematika yang berperan penting terhadap kemampuan berpikir logis dan analitis mahasiswa. Rendahnya kecakapan numerasi yang masih terjadi di Indonesia berdampak pada kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematis secara efektif dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kemampuan numerik dan efektivitas pemecahan masalah matematis mahasiswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional, dengan populasi mahasiswa Pendidikan Matematika di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Sampel sebanyak 180 responden ditentukan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan numerik dan skala efektivitas pemecahan masalah matematis yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson dan regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kemampuan numerik dan efektivitas pemecahan masalah matematis mahasiswa. Artinya, mahasiswa dengan kemampuan numerik tinggi lebih efektif dalam mengidentifikasi masalah, memilih strategi penyelesaian, dan mengevaluasi hasilnya. Penelitian ini memperkuat teori kognitif pengambilan keputusan berbasis dual-process dan memberikan rekomendasi praktis bagi pengembangan pembelajaran matematika berbasis numerasi untuk meningkatkan kualitas berpikir kritis mahasiswa.
Downloads
References
Andari, D., & Setianingsih, R. (2021). Analisis kemampuan numerasi mahasiswa pendidikan matematika Indonesia. Jurnal Pendidikan MIPA, 22(1), 45–58.
Badan Pusat Statistik. (2023). Proporsi anak yang mencapai standar kemampuan minimum dalam matematika. Jakarta: BPS. https://www.bps.go.id
Cambridge Assessment. (2022). Numerical reasoning assessment: Skills for academic and professional contexts. Cambridge University Press.
Center for Global Development. (2024). The economic returns to foundational literacy and numeracy: Evidence from Indonesia. Washington, DC: CGD. https://www.cgdev.org
Díez-Palomar, J. (2023). Challenges for numeracy awareness in the 21st century. Frontiers in Education, 8, 1295781. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1295781
Evans, J. S. B. T., & Stanovich, K. E. (2013). Dual-process theories of higher cognition: Advancing the debate. Perspectives on Psychological Science, 8(3), 223–241. https://doi.org/10.1177/1745691612460685
Geiger, V., Goos, M., & Forgasz, H. (2024). Numeracy in higher education: From calculation to decision-making competence. Frontiers in Education, 9, 1363566. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1363566
Kemendikbudristek. (2023). Siaran Pers: Dua dari tiga murid di Indonesia belum mencapai kompetensi minimum numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://gtk.kemendikdasmen.go.id
Muniri, M. (2023). Profile of student numerical ability in higher order thinking skills. Jurnal Numerical, 3(2), 55–66. https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/3470
OECD. (2023). Skills Outlook 2023: The value of numeracy in a data-driven world. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/skills-2023-en
Pacheco-Velázquez, E. A., Ruiz-Medina, M., & Flores-Suárez, A. (2023). Business decision-making and complex thinking: A bibliometric study. Administrative Sciences, 13(3), 80. https://doi.org/10.3390/admsci13030080
Pickering, J. (2025). Numeracy and real-world decision performance among university students. Studies in Higher Education, 50(2), 189–204. https://doi.org/10.1080/14794802.2025.2472675
Reyna, V. F., Nelson, W. L., Han, P. K., & Dieckmann, N. F. (2023). How numeracy influences decision making and risk perception: A cognitive–affective model. Frontiers in Psychology, 14, 10196318. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.10196318
Simon, H. A. (1997). Models of bounded rationality: Empirically grounded economic reason. Cambridge, MA: MIT Press.
Sunderaraman, P., Malloy, P., & Libon, D. J. (2020). Numeracy and decision-making in adults: A quantitative analysis of cognitive predictors. Frontiers in Psychology, 11, 8720496. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.8720496
Wahyuni, R. (2024). The development of digital numeracy learning media to improve students’ reasoning skills. Jurnal Pendidikan dan Inovasi Teknologi, 4(1), 12–21. https://journal1.uad.ac.id/index.php/JPROTECT/article/view/945



















.png)