Hakekat Belajar Matematika Dalam Kurikulum Merdeka Melalui Pendekatan Deep Learning
Abstract
Perubahan paradigma pendidikan dalam Kurikulum Merdeka menekankan bahwa proses pembelajaran tidak semata berfokus pada pencapaian hasil akhir, tetapi juga pada pemahaman konsep yang mendalam. Dalam konteks pembelajaran matematika, hal ini menegaskan pentingnya penerapan pendekatan deep learning agar siswa mampu mengonstruksi pengetahuan secara bermakna. Penelitian ini memiliki tujuan untuk analisis hakikat belajar matematika dalam Kurikulum Merdeka dengan menekankan peran pendekatan deep learning dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Menggunakan metode kepustakaan (literature review) dengan menelaah berbagai sumber ilmiah yang relevan, meliputi kajian psikologi pendidikan, teori belajar, hakikat pembelajaran, serta proses dan hirarki pembelajaran matematika pada Kurikulum Merdeka. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi, mengelompokkan, dan menyimpulkan hasil kajian dari berbagai literatur untuk memperoleh pemahaman konseptual yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari perilaku serta proses mental manusia yang memiliki peran penting dalam memahami cara siswa berpikir, merasa, dan bertindak selama proses belajar matematika. Pembelajaran matematika yang berorientasi pada deep learning terbukti mendorong siswa mengembangkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif melalui pengalaman belajar yang kontekstual. Dengan demikian, integrasi antara psikologi pendidikan, hakikat belajar, dan pendekatan deep learning menjadi landasan strategis dalam mewujudkan tujuan pembelajaran matematika pada Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merekomendasikan agar guru menerapkan pendekatan deep learning secara konsisten dalam proses pembelajaran serta menjadikannya dasar perancangan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa.
Downloads
References
’Alwan, F. F., & Chaniago, A. F. (2025). Peran Psikologi Pendidikan dalam Pendidikan dan Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.26486/jm.v8i2.3217
Afidati, M., & Malasari, P. N. (2023). Pembelajaran Matematika yang Bermakna Menggunakan Pendekatan Teori Kognitivisme Meaningful Mathematics Learning Using the Theory of Cognitivism Approach. Journal of Mathematics Educations, 2(2), 67–77. https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.67
Amahoru, A., Judijanto, L., Fauzi, M. S., Ayu, D. H., & Anwar, R. N. (2024). Psikologi pendidikan dalam inklusi siswa berkebutuhan khusus di era digital: Studi literatur tentang membangun lingkungan belajar yang responsif. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian, 4(1), 182–189. https://www.ejurnal-unespadang.ac.id/EJPP/article/view/1190
Andani, C. (2025). Analisis Hubungan Kecemasan Matematika Dengan Prestasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 11.
Annisa, M. N., & Darmiyati. (2024). Hasil Belajar Matematika dan Motivasi Belajar Siswa serta Aktivitas Guru Dalam Integrasi Model Pembelajaran Problem Based Learning, Rhealistic Mathematic Education dan Snowball Throwing. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 9(2), 131–143. https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v9i2.5819
Cholifatunisa, A., Aulia, L., Marlina, N., & Iskandar, S. (2025). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dengan Pendekatan Deep Learning Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 12(1), 128–136. https://ejournal.upi.edu/index.php/jppd/article/view/84240
Fitriani, S. N., Sugesti, I., Amanah, A., & Sudarnati, S. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar dengan Bantuan Media Konkret Berbasis Game Edukasi (Media Papeda) di Kelas III SDN Sunyaragi 1 Tahun Pelajaran 2024/2025. Jurnal Jendela Pendidikan, 5(02), 368–376. https://doi.org/10.57008/jjp.v5i02.1335
Hartiningrum, E. S. N., & Abdul Wahab. (2024). Kajian Teori: Pandangan Vygotsky Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Problem Posing Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 12(2), 107–120. https://doi.org/10.25139/smj.v12i2.7822
Jadidi Mohammadabadi, A., & Ahmadi Deh Ghotbaddini, M. (2023). Effect of Gagne’s Learning Hierarchy on Cognitive and Metacognitive Skills of High School Students. Iranian Journal of Learning and Memory, 6(22), 67-74. https://doi.org/10.22437/jiituj.v8i2.37239
Jensen, S. K., & Szulevicz, T. (2025). Situating Educational Psychology Practice. Exploring the Call for a ‘Practice Turn’ in Contemporary Danish Educational Psychology Practice. Integrative Psychological and Behavioral Science, 59(2), 1–21. https://doi.org/10.1007/s12124-025-09915-6
Kartika Dwi Pratiwi, & Binti Maunah. (2024). Dasar Psikologi Pendidikan Sebagai Penentu Arah Pembelajaran. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 93–105. https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i2.341
Kharisma, N., Septiani, D. E., Suryaningsih, F., Mahdum, & Erlisnawati. (2025). Transformasi Pembelajaran Bermakna melalui Deep Learning: Kajian Literatur dalam Kerangka Kurikulum Merdeka. Al-Zayn. Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 1895–1905. https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/AlZayn/article/view/1462
Lubis, W. H., & Audina, D. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Model Problem Posing. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(3), 1297–1322. https://doi.org/10.26811/didaktika.v8i3.1681
Maharani, I., Rizqi, N. R., & Saragih, R. M. B. (2025). Kecerdasan Emosional dalam Mengatasi Kecemasan Matematika pada Siswa. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 77-85. https://doi.org/10.24114/jfi.v6i1.66667
Mustapa, A., Ramadhani, K., Dewi, L. P., Oktarina, N., & Widodo, J. (2025). I Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kurikulum Merdeka: Understanding By Design, Berdiferensiasi, Dan Deep Learning. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 427–441. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/download/25134/12767/100750
Nasution, H. Z., Nurhasanah, N., Umilailah, S., & Oktara, T. W. (2025). Studi Literature: Peran Psikologi Pendidikan Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Jurnal Keilmuan Pendidikan Dasar, 1(1), 39–46. https://doi.org/10.63203/040918200
Rakhmawati Muhammad, R., Ayulia, D., Desta Ranti, I., & Miftahul Jannah, R. (2024). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pemahaman Matematis Pada Materi Aljabar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(3), 2197–2213. https://doi.org/10.46306/lb.v5i3.846
Schneider, K. (2024). What Is Learning? Psychology, 15(05), 779–799. https://doi.org/10.4236/psych.2024.155047
Sunedi, D. P. O. (2023). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(4), 456–462. https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.54637
Widia, W., Rahmasyahfitri, R., Fadillah, S., Damanik, K. F., & Lubis, R. H. W. (2024). Perkembangan Teori Belajar dan Aplikasinya pada Pembelajaran Matematika. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 186–194. https://doi.org/10.57251/tem.v3i2.1617
Wulan, D. R., Rosita, C. D., & Nopriana, T. (2021). Kondisi Psikologi Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 51. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4392



















.png)