Sintesis Pemikiran Vygotsky dan DePorter untuk Inovasi Pembelajaran Matematika di Era Kurikulum Merdeka
Abstract
Kurikulum Merdeka memberi keleluasaan bagi guru dan peserta didik untuk berinovasi dalam proses pembelajaran. Namun, penerapannya masih menghadapi berbagai kendala, terutama dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan, khususnya pada mata pelajaran matematika. Artikel ini menelaah keterpaduan antara teori perkembangan kognitif Lev Vygotsky dengan konsep Zone of Proximal Development (ZPD) dan scaffolding serta pendekatan Quantum Learning dari Bobbi DePorter yang menekankan pembelajaran aktif dan positif.
Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan protokol PRISMA, melibatkan proses identifikasi, seleksi, dan sintesis artikel secara sistematis. Data diperoleh dari lima basis data utama, yakni Google Scholar, ERIC, DOAJ, SINTA, dan ProQuest, menggunakan kata kunci terkait ZPD, scaffolding, TANDUR, dan pembelajaran matematika. Dari 96 artikel awal yang ditemukan (tahun 2020–2025), sebanyak 15 artikel memenuhi kriteria inklusi dan dianalisis melalui pendekatan campuran kualitatif–kuantitatif. Hasil sintesis menunjukkan bahwa teori Vygotsky menekankan perkembangan kognitif melalui interaksi sosial dan scaffolding bertahap, sementara Quantum Learning berfokus pada penguatan aspek afektif dan motivasional melalui tahapan TANDUR. Integrasi keduanya menghasilkan kerangka pembelajaran matematika yang lebih holistik, di mana scaffolding dapat dioperasionalkan dalam setiap fase TANDUR untuk mengoptimalkan dukungan kognitif dan emosional siswa secara simultan. Implikasi penelitian menegaskan perlunya peningkatan kompetensi pedagogik guru serta pengembangan media belajar interaktif agar integrasi kedua pendekatan dapat diimplementasikan secara efektif dalam konteks Kurikulum Merdeka.
Downloads
References
Afriani, F., & Nalim, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(01), 59–70. https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3604
Aisah, S. (2025). DAMPAK KECEMASAN MATEMATIKA (MATH ANXIETY) DALAM MENURUNNYA KINERJA BELAJAR SISWA SD. 06(01), 1–6. https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Dikmat/article/view/495/332
Ariyanti, A., & Hermita, N. (2020). the Effect of Scaffolding-Based Problem-Based Learning Approaches To Improve Mathematical Modeling Ability of Elementary School Students. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 12(1), 1. https://doi.org/10.30595/dinamika.v12i1.6642
Ayu, M. (2024). Implementasi pembelajaran metode tandur dalam menguatkan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam siswa di smpn 3 rejang lebong. https://e-theses.iaincurup.ac.id/7857/1/Skripi_Melisaa_new EDIT %283%29%281%29.pdf
Azizah, I. N., & Purwaningrum, J. P. (2021). Penerapan Teori Vygotsky Pada Pembelajaran Matematika Materi Geometri. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), 19–26. https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.220
Dewi, L., Sutama, S., & Hidayati, Y. M. (2022). Strategi Quantum Learning dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1875–1882. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2232
Erawati, N. K., & Astarini, M. H. (2023). Penerapan Scaffolding Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 12(1), 59–70. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/2707?utm_source=chatgpt.com
Hamsinah, Sitti, D. M. (2023). Belajar Dan Pembelajaran Matematika Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. JPSS: Jurnal Pendidikan Sang Surya,Volume 9, Nomor 1, Edisi Juni 2023. P-ISSN 2443-1915, E-ISSN 2776-1940, DOI: 10.56959, 9, 122–128. https://jurnal.umbulukumba.ac.id/index.php/jpss/article/view/106?utm_source=chatgpt.com
Hamzah, H., Ilyas, M., & Ma’rufi. (2023). Pembelajaran Matematika Berbasis Quantum Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Dan Motivasi Siswa Kelas V Sd Negeri 245 Tole-Tole. Pedagogy, 8(1), 364–381. https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/2640/1850
Indah Hafizhah, Ikhwan Aldi Wardana, & Dede Indra Setiabudi. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i1.69
Manik, W., Ivanatha, A. G., Syuhada, H., Maldini, Y., Pendidikan, J., Islam, A., Tarbiyah, F., & As-, S. (2025). Quantum Teaching Dan Quantum Learning Dalam Pembelajaran. 2, 336–346. https://ejournal.aripafi.or.id/index.php/Karakter/article/view/697/721
Meida, P., Misdalina, M., & Surmilasari, N. (2020). Metode Quantum Learning Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Negeri 5 Sekayu. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 179–188. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i2.4153
Putra, R. (2024). Mengatasi Tantangan Beban Kerja Guru di Era Digital: Optimalisasi Kurikulum Merdeka PAI dan Pemanfaatan Teknologi. SURAU : Journal of Islamic Education, 2(1), 89–104. https://doi.org/10.30983/surau.v3i1.8591
Safira, S., Purnamika Utami, I. G. A. L., & Arie Suwastini, N. K. (2024). The Immense of Digital Divide: A Literature Review of Rural and Urban Schools’s Classroom Technologies in English Language Learning. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 5(8), 3667–3677. https://doi.org/10.59141/jist.v5i8.1306
Sariyanto, S., Suprayitno, I. J., & Sulistyaningsih, D. (2025). Effectiveness of Quizz based Edugame as Learning Support Media for Improvement of Learning Outcomes. Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 5(1), 22–31. https://jurnal.smpharapanananda.sch.id/index.php/juwara/article/view/377/198
Sauduran, G. ., & Roulina, C. V. . (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Attractive : Innovative Education Journal, 3(2), 185–194. https://attractivejournal.com/index.php/aj/article/view/447
Simatupang, J. K. N., & Bui, T. C. (2025). Motivasi dan Emosional Berperan Penting dalam Pembelajaran Pendidikan bagi Peserta Didik. Jurnal Teologi Wesley, 2, 2. https://jurnalteologiwesley.sttwmi.ac.id/index.php/jtw/article/view/19/20
Subiantoro, N., Lailiyah, J. I., Saputra, M. A. M., & Nurwahid, M. (2025). Implementation of vygotsky’s developmental psychology theory to overcome mathematics learning anxiety. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 6(1), 14–30. https://doi.org/10.32332/0h11yh51
Syahraini, A., Priatna, N., & History, A. (2023). Pemberian Scaffolding Dalam Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1671–1683. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17923
Widhanarto, G. P., Prihatin, T., & Kusumawardani, S. (2024). Social media learning strategies, teachers’ digital competencies and online learning quality: A correlational study. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 11(3), 299–309. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/73020
Wie, W., Saragih, E. T., Naibaho, A., Siahaan, T. A., Voni, C., & Sinaga, R. (2025). Efektivitas Scaffolding dalam Pembelajaran Struktur Aljabar: Studi Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. 1(1), 108–120. https://journal.sufiya.org/index.php/yjssh/article/view/54/16
Zaharah, N., Marzal, J., & Effendi-Hsb, M. H. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Quantum Learning pada Materi Segiempat dan Segitiga untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2768–2782. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.733



















.png)