Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Metode Blended Learning Pada Materi Geometri Ruang

  • Hujairah Hi Muhammad Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Bumi Hijrah Tidore, Indonesia
  • Asmin Lukman Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Bumi Hijrah Tidore, Indonesia
Keywords: Pembelajara, Berdiferensiasi, Blended Learning, Geometri Ruang, Meotde Blended Learning

Abstract

Penelitian ini dirancang untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan metode blended learning terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi geometri ruang. Desain penelitian yang digunakanadalah one group pretest-posttest. Subjek penelitian melibatkan 24 Pesertadidikkelas XII. Instrument pengumpulan data menggunakan soal tes kemampuan matematika pada materi geometri ruang yang berjumlah 20 butir. Tes dilakukan sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Teknik pengumpulan data disesuaikan dengan desain penelitian yaitu one group pretest-posttest.Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pretes diperoleh skor terendah 40 dan skor tertinggi 70, dengan nilai  rata-rata sebesar 57,92. Hasil post tes diperoleh skor terendah 65 dan skor tertinggi 90, dengan skor rata-rata sebesar 77,5. Uji normalitas dilakukan menggunakan uji Shapiro–Wilk menunjukkan nilai signifikansi untuk data pretest sebesar 0,169 dan posttest sebesar 0,102, keduanya lebih besar dari taraf signifikansi α = 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa data hasil pretest dan posttest berdistribusi normal, sehingga analisis hipotesis dapat dilanjutkan menggunakan uji parametrik, yaitu Paired Sample t-test. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000, yang berarti lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran berdiferensiasi. Perbedaan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi geometri  ruang. Rekomendasi penelitian selanjutnya yaitu dilengkapi dengan teknik analisis data kualitatif agar informasi yang diperoleh dari hasil menjadi lebih lengkap. Jenis Penelitian  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahadi, G. D., & Zain, N. N. L. E. (2023). The Simulation Study of Normality Test Using Kolmogorov-Smirnov, Anderson-Darling, and Shapiro-Wilk. EIGEN MATHEMATICS JOURNAL, 6(1), 11–19. https://doi.org/10.29303/emj.v6i1.131.

Anakpua Blessing C, Nzeakor Emmanuel C, &Emefo Chinyere N. (2021). Effect of Differentiated Instruction on Students’ Achievement in Geometry. International Journal for Research in Applied Sciences and Biotechnology, 8(3), 6–12. https://www.ijrasb.com/index.php/ijrasb/article/view/122

Asmin Lukman., & Arif, I. (2021). Keefektifan Model Blended Learning terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik SMA IT Albina Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 148-152. https://doi.org/10.5281/zenodo.5746930

Ayu, S, W (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2). https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegor

Horn, M. B., & Staker, H. (2015). Blended: Using disruptive innovation to improve schools. San Francisco, CA: Jossey-Bass

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Implementasi Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbudristek.

Kristanto, A. (2018). Blended Learning: Konsep dan implementasi pada pendidikantinggi di Indonesia. Yogyakarta: Deepublish

Nanda S & Fatma Z (2023). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Menengah. Jurnal Genta Mulia,14(1). 15-26. https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.17

Novita Sari Maria, Siti Khafifah F, Afta Geosasmita Saragih, Aini Wardana, Prihatin Ningsih Sagala, & Ruth Sahanaya Manik. (2025). Analisis Penerapan RME Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Uji Paired Sample T-Test. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 4(3), 4648–4653. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i3.8636

Rahmani, D. A., Risnawati , R., & Hamdani , M. F. (2025). Uji T-Student Dua Sampel Saling Berpasangan/Dependend (Paired Sample t –Test). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2), 568–576. https://doi.org/10.31004/jpion.v4i2.420

Razali, N. M., & Wah, Y. B. (2011). Power comparisons of Shapiro–Wilk, Kolmogorov–Smirnov, Lilliefors, and Anderson–Darling tests. Journal of Statistical Modeling and Analytics, 2(1), 21–33. https://www.nrc.gov/docs/ml1714/ml17143a100.pdf

Purnawanto, A T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. JURNAL PEDAGOGY. 16(1), 34-54. https://doi.org/10.63889/pedagogy.v16i1.152

Tomlinson, C. A., & Moon, T. R. (2013). Assessment and Student Success in a Differentiated Classroom.Alexandria, VA: ASCD. https://files.ascd.org/staticfiles/ascd/pdf/siteASCD/publications/assessment-and-di-whitepaper.pdf

Yulita Sari, M., Alexander Alim, J., & Hainul Putra, Z. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD Negeri 013 Petai Baru Kabupaten Kuantan Singingi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 312–319. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4823

Published
2025-11-07
How to Cite
Muhammad, H., & Lukman, A. (2025). Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Metode Blended Learning Pada Materi Geometri Ruang. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(2), 592-601. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i2.1060