Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Berbasis Google Site

  • Norma Nasir Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Mar Athul Wazithah Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Keywords: Kemandirian Belajar, Literasi Matematika, Pembalajaran Digital, Google Site

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong perubahan paradigma pembelajaran dari teacher-centered menuju student-centered, di mana siswa dituntut untuk lebih mandiri dalam mengelola proses belajarnya. Salah satu media digital yang banyak digunakan adalah Google Site, yang memungkinkan penyusunan bahan ajar, tugas, dan evaluasi secara terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan literasi matematika siswa dalam pembelajaran berbasis Google Site. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek penelitian terdiri atas 42 siswa kelas XI MIPA Madrasah Aliyah Arifah Gowa yang telah mengikuti pembelajaran matematika menggunakan Google Site. Data dikumpulkan melalui angket kemandirian belajar dan tes literasi matematika kontekstual . Data dianalisis menggunakan uji normalitas, linearitas, dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemandirian belajar siswa tergolong sedang hingga tinggi 85,7%, sedangkan kemampuan literasi matematika berada pada kategori baik hingga sangat baik 88,1%. Analisis regresi menghasilkan koefisien korelasi (r) = 0,698 dan koefisien determinasi R²=0,487, yang berarti kemandirian belajar memberikan kontribusi sebesar 48,7% terhadap kemampuan literasi matematika. Uji signifikansi menunjukkan nilai p = 0,000 < 0,05, sehingga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan literasi matematika siswa pada pembelajaran berbasis Google Site. Temuan ini menegaskan bahwa pembelajaran digital berbasis Google Site tidak hanya memperluas akses terhadap sumber belajar, tetapi juga mendorong siswa untuk mengembangkan regulasi diri dan kemampuan berpikir matematis kontekstual yang lebih tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bui, T. H., & Johnson, N. F. (2024). Self-regulation and metacognition in a flipped classroom: EFL students’ perspectives at a Vietnamese university. In Issues in Educational Research (Vol. 34, Issue 1).

Dewi, N., Nur Asifa, S., & Sylviana Zanthy, L. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.

Ekosantoso, F., Cholik, M., Soeryanto, S., & Arizal, H. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Google Sites Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Teknik Kendaraan Ringan. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 10(2), 1565–1572. https://doi.org/10.29100/jipi.v10i2.7615

Intang Sappaile, B., Yuli Vandika, A., Deiniatur, M., & Arifudin, O. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress (Vol. 3, Issue 1). https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Jannah, M., Apriandi, D., & Andari, T. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Site Interaktif Untuk Meningkatkan Adversity Quotient Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 293. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i1.8330

Jannah, W. M., Sarjana, K., Junaidi, & Prayitno, S. (2023). Pengaruh Kemandirian Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Classroom Action Research, 4.

Juwariyah, J., Fatirul, A. N., & Waluyo, D. A. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites Dengan Model ADDIE. EDUTECH, 24(1), 109–131. https://doi.org/10.17509/e.v24i1.76620

Latifah, S., Rukmana, D., Artikel, R., & Kunci, K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Google Sites Berorientasi Kemandirian Belajar Siswa. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31932/ve.v13i2.1836

Michalsky, T. (2024). Metacognitive scaffolding for preservice teachers’ self-regulated design of higher order thinking tasks. Heliyon, 10(2). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e24280

Morari, V., Palmer, C., Carroll, C., Manning, D., & O’Rourke, S. (2024). Exploring the use and impact of online digital resources in a mathematics module. European Journal of Science and Mathematics Education, 12(3), 335–355. https://doi.org/10.30935/scimath/14605

Nasir, N., Nurhajarurahmah, St. Z., Wazithah, M. A., Rahman, M. S., & Jafar. (2024). Penyusunan Soal Hots Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Ma Arifah Gowa. Jurnal Pelayanan Masyarakat Intelektual, 1, 28–32.

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I) : The State of Learning and Equity in Education. OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Oktiningrum, W., & Hartono, Y. (2016). Developing Pisa-Like Mathematics Task With Indonesia Natural And Cultural Heritage As Context To Assess Students Mathematical Literacy. Journal on Mathematics Education, 7(1), 1–10.

Ozkale, A., & Ozdemir Erdogan, E. (2020). An analysis of the interaction between mathematical literacy and financial literacy in PISA*. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology. https://doi.org/10.1080/0020739X.2020.1842526

Rahmawati, D., Misdalina, M., Budi Irawan, D., PGRI Palembang, U., Jend Yani Lrg Gotong Royong, J. A., Palembang, U., Selatan, S., Kunci, K., Belajar, K., Belajar, H., & Selatan, S. (2024). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas III SD Negeri 5 Rambutan. Journal on Education, 06(02), 12112–12118.

Riyanti, Y., Wahyudi, W., & Suhartono, S. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1309–1317. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.554

Susanti, E., Wulandari, T., Hapizah, Indaryanti, Isrok’atun, & Simarmata, R. H. (2025). Digital-Worksheets Based Creative Problem Solving to Support Students Mathematical Thinking for Audio-Visual Students. Mathematics Education Journal, 19(1), 23–46. https://doi.org/10.22342/jpm.v19i1.pp23-46

Syafruddin, I. S., Khaerunnisa, E., & Rafianti, I. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3214–3227. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1727

Zaki, A., Khadijah, Nasir, N., Alimuddin, F., & Rahayu, A. (2025). Inovasi Pembelajaran Berbasis Google Site: Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal ABDIMAS PATIKALA, 1360–1369.

Published
2025-11-07
How to Cite
Nasir, N., & Wazithah, M. (2025). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Berbasis Google Site. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(2), 578-591. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i2.1054