Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika

  • Fita Fatimah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Indonesia
  • Dayu Rika Perdana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Indonesia
  • Amrina Izzatika Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Indonesia
  • Riswandi Riswandi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Indonesia
Keywords: Berpikir Kritis, Matematika, Model Pembelajaran, Inqury, Kemampuan

Abstract

Masalah penelitian ini adalah pembelajaran masih berpusat pada pendidik serta kurang memberikan kesempatan peserta didik untuk berperan aktif yang berdampak rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Gemah Ripah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif pada model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di sekolah dasar. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu dan desain penelitian menggunakan non equivalent control group design. Populasi dan sampel penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Gemah Ripah dengan jumlah 41 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dengan hasil Fhitung (15,68) ≥ Ftabel (4,30) dengan taraf signifikansi sebesar 5%, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Gemah Ripah. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya agar dilakukan pada jenjang kelas atau sekolah yang berbeda serta mempertimbangkan variabel lain seperti kreativitas, keterampilan pemecahan masalah, atau kolaborasi peserta didik guna memperoleh gambaran yang lebih komprehensif mengenai pengaruh model pembelajaran inquiry.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, N., Masruro, Z., Saragih, Zahara, S., Hasibuan, R., Simamora, Suharni, Si., & Toni. 2022. Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Widina Bhakti Persada Bandung. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4

Arif, D. S. F., Zaenuri, & Cahyono, A. N. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2018, 323–328.

Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta

Azisah, Khaeruddin, Ristiana, E., & S, M. I. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1439–1446. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1572

Depdiknas. 2003. UU RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dewi, K. C., Aini, C. A. N., Rizki, M., & Jauhara Dian Nur Iffah. 2022. Analisis Prinsip Belajar Dalam Proses Pembelajaran Matematika Kelas Vii-D Smpn 2 Gudo. Gammath: Jurnal Ilmiah, 7(1), 42–46.

Djamaluddin, A., & Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran. CV. Kaaffah Learning Center. Jakarta

Egok, A. S. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 186–199.

Facione, P. A. 2023. Critical Thinking : What It Is and Why It Counts 2023 Update. Insight Assessment, ISBN 13: 978-1-891557-07-1., 1–28.

Fahrurrozi, & Hamdi, S. 2017. Metode Pembelajaran Matematika. In Universitas Hamzanwadi Press.

Faizah. 2017. Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).

Festiawan, R. 2020. Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.

Fika Aulia Putri, Jefriman Akmal, & Gusmaneli Gusmaneli. 2024. Prinsip-prinsip dan Teori-teori belajar dalam Pembelajaran. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(2), 332–349. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i2.279

Hadi, S., & Novaliyosi. 2019. TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 562–569. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.302

Handayanti, E., Agustini, F., & Huda, C. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN Pandeanlamper 05 Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 129–140. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1522

Hendracita, N. 2021. Model - Model Pembelajaran SD. Multi Kreasi Press. Bandung

Hidayah, N., Rahma, I. A., Amalina, V. T., & Iffah, J. D. N. 2022. Penerapan Prinsip-Prinsip Belajar dalam Pembelajaran Matematika Pasca Daring di SMPN 3 Jombang. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 49–61.

Junaedi Ifan. 2019. Proses Pembelajaran Yang Efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25.

Karim, & Normaya. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634

Kowiyah, Konita, A., & Andyra, R. 2024. Hubungan Pemahaman Konsep Matematis Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Elementary Education, 6(1), 71–80. https://doi.org/10.31000/ijoee.v6i1.12166

Ma’rifah, S. 2018. TELAAH TEORITIS: APA ITU BELAJAR ? Siti. Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31–46.

Masdoeki, M. H. 2022. Metode Investigasi Pelajaran Biologi Meningkatkan Berpikir Kkritis Siswa Kelas VIII-D MTsN Kota Sorong Tahun 2018. Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 2(3), 244–256.

Maylia, E. C., Amelia, A. P., Suwarna, D. M., Muyassaroh, I., & Jenuri, J. 2024. Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(1), 32–41. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p32-41

Muncarno. 2017. Cara Mudah Belajar Statistik Pendidikan. Hamim Gruop. Metro

Muslim, A. 2014. Karakteristik Pembelajaran Matematika SD/MI. Matematika Dan Sains, 12–30.

Mustakim, Z. 2017. Strategi dan Metode Pembelajaran.Matagraf. Yogyakarta.

Nadiroh, N., Zulfa, V., & Yuliani, S. 2021. Learning transformation of the 21st century curriculum for prospective teacher in term of eco-literacy. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. https://doi.org/10.1088/1755-1315/802/1/012009

Nasaruddin, N. 2018. Karakterisik Dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 63–76. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.93

Netriwati, & Lena, M. S. 2017. Media Pembelajaran Matematika Manipulatif. Permata Net. Bandarlampung

Nurhaliza, Fitri, & Utama, Guna, E. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran INQUIRY Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. 8(1), 92–105.

OECD. 2023. Pisa 2022 Results The State of Learning and Equity in Education. In Perfiles Educativos (Vol. 1, Issue 183). https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pangestu, D., Lestari, Dwi, L., & Destini, F. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipas Kurikulum Merdeka Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(2), 853–860. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.1322

Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. 2020. Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109–120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120

Ramdhan, M. 2021. Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara. Surabaya

Rohmah, R. E. N., & Purnami, A. S. 2017. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(3), 1–4.

Rokhimawan, M. A., Badawi, J. A., & Aisyah, S. 2022. Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Tingkat SD/MI. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2077–2086. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2221

Salamun, Widyastuti, A., Syawaluddin, Iwan, R. N. A., Simarmata, J., Simarmata, E. J., Suleman, Y. N., Lotulung, C., & Arief, M. H. 2023. MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF. Yayasan Kita Menulis.

Saputra, H. 2020. Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.

Siregar, E., & Widyaningrum, R. 2015. Belajar Dan Pembelajaran. In Modul 01.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung.

Suid, A., Yusuf, M. N., & Nurhayati. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Pada Subtema Gerak Dan Gaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 16 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 73–83.

Suryapermana, N. 2017. Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 183. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788

Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. 2017. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 4(Sandika IV), 223–231.

Syafruddin, I. S., & Pujiastuti, D. H. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis : Studi Kasus pada Siswa MTs Negeri 4 Tangerang. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 089–100. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/9436

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. 2023. Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99

Wahono Widodo, R. R. Nanik Setyowati, Totok Suyanto, Dhita Ayu Permata Sari, Martini, I. 2018. Model Pembelajaran ALLR Active Based – Lesson Learn – Reflection Untuk Penguatan Sikap Toleransi Sosial. Unesa University Press.

Wuni, Y. A., Yusuf, W. F., Sholikhudin, A., Yusuf, A. 2023. Implementasi Inquiry learning pada materi PAI kelas X di SMK Darul Ulum Purwodadi Pasuruan. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 494–504.

Yuwono, S. L. 2020. Asyiknya Mengajarkan Sains di Kelasku: Berbagai Pengalaman Mengajar. Tata Akbar. Bandung

Zain, U. N. I., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 71–74. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1679

Published
2025-10-25
How to Cite
Fatimah, F., Perdana, D., Izzatika, A., & Riswandi, R. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(2), 556-565. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i2.1022