Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Bilangan Bulat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada Materi Bilangan Bulat Siswa Kelas VII 2 SMP IT Nurul Hasan Sofifi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart.. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT Nurul Hasan Sofifi, yang berjumlah 24 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan observasi yang telah diuji validitasnya dengan microsoft excel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya pendekatan pembelajaran matematika realistik dalam pembelajaran bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. eningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Sebelum dilakukan tindakan ada 10 siswa atau 42% dari seluruh siswa mendapat ≥ 65. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik di siklus I, hasil tes menunjukkan bahwa ada 16 siswa atau 67,79% dari seluruh siswa yang mendapat ≥ 65. Demikian pula saat dilakukan perbaikan dengan perbaikan pada penggunaan alat peraga yang digunakan pada siklus II, dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan bulat siswa kelas VII 2, ditandai ada 20 atau 83% anak dari seluruh mendapat nilai ≥ 65. Nilai rata-rata hasil tes meningkat, pada siklus I rata-rata nilai siswa 69, 79sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 70,69. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengembangkan penerapan PMR pada materi matematika lain dengan melibatkan media digital interaktif dan analisis lebih mendalam terhadap aspek berpikir kreatif serta motivasi belajar siswa.
Downloads
References
Ade, J. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 4(1), 54-67. https://doi.org/10.5281/zenodo.8259751
Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis kualitatif kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83-95
Amir, W., & Habsyi, R. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inquiri Untuk Meningkatkan Proses Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Negeri 47 Halmahera Selatan. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 5(1), 133 -145. https://doi.org/10.63976/jimat.v5i1.729
Awal, Y., & At, M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Materi Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisions (STAD). Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 2(2), 16-25. https://doi.org/10.5281/zenodo.5717463
Hendar, H., Nurhayanti, H., & Haryati, S. (2022). Penggunaan Pendekatan Realistik Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Tahsinia, 3(2), 176-185.
Ichiana, N. N., Anwar, A., Rahmayani, S., & Razzaq, A. (2023). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(1), 9-16.
Jakaria, F., & Awal, Y. (2022). Meningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Thorndike Pada Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 3(2), 37-48. https://doi.org/10.5281/zenodo.7416603
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202
Muhdar, R. (2025). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Penilaian Berorientasi Hots Terhadap Hasil Belajar Bilangan Bulat: Sebuah Studi Kuasi-Eksperimental. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(1), 375-383. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i1.814
Nabila, N., & Ade, J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 3(2), 17-26. https://doi.org/10.5281/zenodo.7416551
Rasmiati, R., & Anggo, M. Kodirun.(2018). Efektivitas pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 3(2), 34-41
Razzaq, A., & Nurnaifah, I. I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Pembelajaran Realistik. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 24-38
Rosmala, A. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara. hlm. 35 & 71.
Sohilait, E. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik. (Preprints) Pendidikan Matematika, STKIP Gotong Royong Masohi, Jl Trans Seram Belakang Negeri haruru, Maluku Tengah.
Supiadi1, E., Sulistyo, L., Rahmani3, S. F., Riztya, R., & Gunawan, H. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Terpadu dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Journal on Education 5(3)
Talib, soleman. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 2(1), 34-40. https://doi.org/10.5281/zenodo.4870788
Yulianti, H., Iwan, C. D., & Millah, S. (2018). Penerapan metode giving question and getting answer untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 6(2), 197-216
Widayanti, E. Y. (2019, June). Pendekatan Konstruktivistik dalam Model Susan Loucks-Horsley untuk Pengembangan Karakter Siswa Tingkat Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Pendidikan 2015 (hlm. 3-10)



















.png)