Deskripsi Tahapan Pemecahan Masalah SPLTV Pada Siswa Berkemampuan Sedang Menurut Teori Wankat Dan Oreovicz

  • Alberta Asmari Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Kegurua dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
  • Sulis Janu Hartati Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Kegurua dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
  • Windi Setiawan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Kegurua dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
Keywords: pemecahan masalah, Wankat dan Oreovocz, kemampuan matematika sedang, SPLTV, siswa SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pemecahan masalah matematika menurut teori Wankat dan Oreovocz yang dilakukan oleh siswa SMK dengan kemampuan matematika sedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek satu orang siswa kelas X SMK PGRI 13 Surabaya yang dipilih melalui tes kemampuan matematika dan hasil konsultasi dengan guru. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan matematika, tugas pemecahan masalah, pedoman wawancara, dan triangulasi waktu. Data diperoleh melalui dua tahap: pengerjaan tugas pemecahan masalah dan wawancara semi-terstruktur berdasarkan pekerjaan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dapat melalui ketujuh tahapan pemecahan masalah menurut Wankat dan Oreovocz, yaitu: (1) Saya mampu atau bisa, menunjukkan motivasi dan keyakinan menyelesaikan soal; (2) Mendefinisikan masalah, subjek mampu mengidentifikasi informasi penting dari soal; (3) Mengeksplorasi, subjek dapat memahami tujuan dari soal; (4) Merencanakan, subjek mampu memodelkan masalah menjadi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV); (5) Mengerjakan, subjek menyelesaikan SPLTV secara sistematis; (6) Mengoreksi kembali, subjek melakukan pengecekan melalui substitusi; dan (7) Generalisasi, subjek dapat menyimpulkan hasil dengan tepat. Hasil triangulasi menunjukkan konsistensi strategi dan pemahaman subjek dalam dua soal serupa yang diberikan pada waktu berbeda. Penelitian ini menunjukkan bahwa teori Wankat dan Oreovocz dapat digunakan untuk mendeskripsikan tahapan pemecahan masalah pada siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Jabar Team. (2025). Analisis kemampuan literasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung pada materi aritmatika sosial. Al Jabar: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 1–12.

Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 2(1), 39–41. https://doi.org/10.25157/.v2i1.765

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri ( Self Confidence ) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pedidikan Matematika Raflesia, 03(02), 156–170.

Aprodhita, T. (2024). Analisis Hasil Uji Laik Operasi Ground Support Equipment (Gse) Di Apron Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin Ii Palembang. [Politeknik Penerbangan Palembang]. In Poltekbang Palembang. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Azhar, E., Yana, S., & Ishaq, N. (2021). Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2129–2144.

Gamoran, A. (1992). The variable effects of high school tracking. American Sociological Review, 57(6), 812–828

Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian [Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. In OSF preprints. https://doi.org/https://osf.io/preprints/osf/svu73_v1

Muhamad Sahabudin, S. (2022). Implementasi Penguatan Akuntabilitas Dalam Pembangunan Zona Integritas Di Polres Metro Bekasi Kabupaten [Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta]. In repository UMJ. http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9338

Ngaeniyah, I. R. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN TEORI WANKAT DAN OREOVOCZ KELAS VII SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung.

Prawanti, D. A., & Anawati, S. (2024). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP pada materi bilangan bulat. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 4(2), 319–330.

Prayoga, D. I., & Laily, N. (n.d.). Pengaruh Efikasi Diri Dan Karakteristik Individu Terhadap Keberhasilan Usaha Wanita Melalui Perilaku Inovatif Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 1–20.

Purnamasari, W. (2017). Implementasi Akad Murabahah Pada Produk Pembiayaan Pemilikan Rumah Di Pt Bank Syariah Mandiri Kcp Banyuwangi Rogojampi [Iain Jember]. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/142

Putri, R. R. (2025). Problematika kemampuan penalaran matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 45–56.

Roha, Linda Rosmery Tambunan, M. L. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Tahapan Teori Wankat Dan Oreovocz Ditinjau Dari Segi Gender Pada Materi Spldv Kelas Viii Smp. Jurnal Kajian Pendidikan, 6(3), 58–64.

Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. INNOVATIVE : Journal Of Social Science Research, 3(2), 9680–9694.

Sari, D. S. M., Fatih ’Adna, S., & Mardhiyana, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Teori Wankat dan Oreovocz. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 15–25.

Shobah, M. D., Hikmah, N., Salsabila, N. H., & Arjudin. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Menurut Teori Wankat dan Oreovocz Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 SUKAMULIA Tahun Ajaran 2023/2024. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 209–221.

Slavin, R. E. (1990). Achievement effects of ability grouping in secondary schools: A best-evidence synthesis. Review of Educational Research, 60(3), 471–499

Published
2025-10-25
How to Cite
Asmari, A., Hartati, S., & Setiawan, W. (2025). Deskripsi Tahapan Pemecahan Masalah SPLTV Pada Siswa Berkemampuan Sedang Menurut Teori Wankat Dan Oreovicz. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(2), 546-555. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i2.1012