MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
Keywords:
Motivasi, Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kontekstual
Abstract
Motivasi belajar merupakan pendorong aktivitas dan inisiatif siswa yang mengarah pada ketekunan dan keberhasilan belajar siswa yang sedang dalam proses pembelajaran. Pembelajaran kontekstual (Contekstual Teaching and Learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengetahui bagaiaman penerapan sekaligus faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar pada siswa.
Downloads
Download data is not yet available.
References
Depdikbud. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. 2003. Pendekatan Kontekstual Contextual Teaching and Learning (CTL). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikdasmen.
Elaine B Johnson. 2002. Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press, Inc.
https://www.rijal09.com . 2016. Pengertian Motivasi Belajar. Bimbel Online di Ruangguru, akses 25 November 2019.
Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual. (Contextual Teaching and Learning CTL)). Departemen Pendidikan Nasional.
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. 2003. Pendekatan Kontekstual Contextual Teaching and Learning (CTL). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikdasmen.
Elaine B Johnson. 2002. Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press, Inc.
https://www.rijal09.com . 2016. Pengertian Motivasi Belajar. Bimbel Online di Ruangguru, akses 25 November 2019.
Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual. (Contextual Teaching and Learning CTL)). Departemen Pendidikan Nasional.
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Published
2020-04-16
How to Cite
Sudiman, A., & Saleh, S. (2020). MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 33-38. Retrieved from https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/68
Section
Articles