MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BILANGAN PADA MATERI OPERASI HITUNG SISWA KELAS II SD NEGERI 29 HALMAHERA BARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan media kantong bilangan pada siswa kelas II SD Negeri 29 Halmahera Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Suharsimi Arikunto yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di SD Negeri 29 Halmahera Barat, yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan adalah ≥65% dari jumlah peserta didik telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media kantong bilangan pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 29 Halmahera Barat. Saat belum diberikan tindakan, nilai pembelajaran matematika siswa kelas II SD Negeri 29 Halmahera Barat hanya 3 siswa yang tuntas dengan presentasi (20%). Kemudian Pada kegiatan tindakan siklus I terjadi peningkatan, yaitu sebanyak 4 siswa yang tuntas dengan presentasi (26,66 %) pada pertemuan 1 dan meningkat pada pertemuan 2 sebanyak 6 siswa yang tuntas dengan presentasi (40%). Kemudian pada siklus II pertemuan 1 sebanyak 9 siswa yang tuntas dengan presentasi (60%) dan meningkat pada pertemuan 2 sebanyak 13 siswa dengan presentasi (86,66%) berhasil mencapai nilai ketuntasan. Nilai rata-rata hasil belajar dari pra tindakan sampai siklus II juga mengalami peningkatan yaitu dari 36 kemudian pada siklus I nilai rata-rata 42,66 menjadi 5,200 dan pada siklus II nilai rata-rata 7,066 menjadi 8.000.