MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MODEL ROLE PLAYING SISWA KELAS IV SDN SEKOM KABUPATEN KEPULAUAN SULA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Menganalisis dan mendeskripsikan proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui model role playing siswa kelas IV SDN Sekom Kabupaten Kepulauan Sula.(b) Menganalisis dan mendeskripsikan hasil pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui model role playing siswa kelas IV SDN Sekom Kabupaten Kepulauan Sula. Berdasarkan latar belakang pemikiran di atas yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimanakah proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode role playing siswa kelas IV SDN Sekom Kabupaten Kepulauan Sula? (b) Bagaimanakah hasil pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui model role playing siswa kelas IV SDN Sekom Kabupaten Kepulauan Sula?. Skor rata-rata sebelum dilakukan tindakan sebesar 69,00 setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I menjadi 76,80, dan setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II menjadi 89,07. Kenaikan skor rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus I sebesar 7,8 atau 26%. Peningkatan skor rata-rata mulai dari siklus I hingga siklus II sebesar 12,27 atau 40,9%.