MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MODEL ROLE PLAYING SISWA KELAS IV SDN SEKOM KABUPATEN KEPULAUAN SULA

  • NURIDA BUAMONA
Keywords: Kemampuan Berbicara, Model Role Playing

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Menganalisis dan mendeskripsikan proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui  model role playing siswa kelas IV SDN Sekom Kabupaten Kepulauan Sula.(b) Menganalisis dan mendeskripsikan hasil pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui  model role playing siswa kelas IV SDN Sekom Kabupaten Kepulauan Sula. Berdasarkan latar belakang pemikiran di atas yang menjadi permasalahan  dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimanakah proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui  metode role playing siswa kelas IV SDN Sekom Kabupaten Kepulauan Sula? (b) Bagaimanakah hasil pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui  model role playing siswa kelas IV SDN Sekom Kabupaten Kepulauan Sula?. Skor rata-rata sebelum dilakukan tindakan sebesar 69,00 setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I menjadi 76,80, dan setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II menjadi 89,07. Kenaikan skor  rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus I sebesar 7,8 atau 26%. Peningkatan skor rata-rata mulai dari siklus I hingga siklus II sebesar 12,27 atau 40,9%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-14
How to Cite
BUAMONA, N. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MODEL ROLE PLAYING SISWA KELAS IV SDN SEKOM KABUPATEN KEPULAUAN SULA. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 5(1), 90-99. Retrieved from https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/613