MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TEMA PANCA INDERA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 140 KABUPATEN HALMAHERA SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara IPA tema Panca Indera siswa Kelas IV SD Negeri 140 Kabupeten Halmahera Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau classroom action research, yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus, meliput; perencanaan, tahap tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek Penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri SD Negeri 140 Kabupeten Halmahera Selatan, dengan Jumlah siswa 22, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa Perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah; tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan analisis kualitatif, meliputi; reduksi data, (2) sajian data, (3) penarikan simpulan dan (4) verifikasi penelitian. Kesimpulan adalah; bahwa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 140 Kabupeten Halmahera Selatan dapat meningkat hasil belajarnya siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT). Dalam pembelajaran siswa menjadi lebih paham, karena pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan berkesan karena siswa dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat pada tindakan siklus I, menunjukkan dari jumlah siswa sebanyak 22 siswa terdapat 20 siswa atau (72%) mendapatkan nilai di bawah 6, dan 2 siswa (28%) yang mendapat di atas nilai 6. Dan pada siklus II mengalami peningkatan di mana hasil evaluasi terdapat 1 siswa mendapatkan nilai 7, dan 21 siswa mendapatkan nilai di atas 7,6. Secara keseluruhan rata-rata kelas menjadi 7,50 atau 80% siswa mencapai nilai baik