MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI HAK DAN KEWAJIBAN DI SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING SISWA KELAS III SD NEGERI 26 KOTA TERNATE

  • Nurlina Basri
Keywords: Metode Role Playing, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dan proses pembelajaran secara umum adalah mengebangkan tiga ranah kognitif, efektif, dan psikomotor. Pembelajaran PKn pengembanganya lebih ditekankan pada ranah yang sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dan berkembang dalam tatanan kehidupan manusia indonesia, sehingga dalam pembelajaran PKn diharapkan guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang memupuk interaksi, hubungan sosial dan kerja sama antara sesame siswa, salah satunya adalah metode Role Playing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Role Playing guna untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi hak dan kewajiban di sekolah pada siswa kelas III SD Negeri 26 Kota Ternate.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 26 Kota Ternate. Penelitian ini didesain dalam dua siklus. Prosedur dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap: penerapan tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keaktifan tindakan pada setiap siklus diukur dari hasil observasi dan tes hasil belajar PKn. Data hasil observasi mendeskripsikan nilai tes antar siklus hingga hasilnya dapat mencapai batas tuntas yang ditentukan, yaitu menimal 80% siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan memperoleh nilai 70 atau lebih sebagai batas kriteria ketuntasan minimal. Hasil penelitian menunjukkan setelah diterapkan metode Role Playing siswa yang memperoleh nilai lebih besar sama dengan 70 secara klasikal pada siklus I sebanyak 18 orang siswa dan tuntas belajar 8 siswa  44,44% dengan nilai rata-rata 6,05% Belum mencapi KKM 10 siswa 55,55% atau hasil belajar yang diperoleh pada tes awal, kemudian lanjut pada siklus II, siswa yang tuntas belajarnya meningkat menjadi 15 orang siswa atau sekitar 83% dengan nilai rata-rata 76.11. Berdasarkan tindakan yang dilakukan,  dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Role Playing  pada pokok bahasanya hak dan kewajiban di sekolah pada siswa kelas III SD Negeri 26 Kota Ternate hasil belajar siswa mengalami peningkatan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-14
How to Cite
Basri, N. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI HAK DAN KEWAJIBAN DI SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING SISWA KELAS III SD NEGERI 26 KOTA TERNATE. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 5(1), 54-66. Retrieved from https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/597