MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME QUIS SUBTEMA 2 JENIS USAHA DALAM KEGIATAN EKONOMI PADA SISWA KELAS V SD NUKILA KOTA TERNATE

  • Nuraida Rusdi
Keywords: Penerapan metode Time Quis, Hasil belajar IPS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan hasil belajar IPS pokok bahasan Jenis Usaha Dalam Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas V SD Nukila Kota Ternate Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tehnik pengumpulan data mengunakan Dokumentasi,Observasi,Wawancara, Catatan Lapangan. Hasil penelitian di dapatkan bahwa rata – rata keaktifan siswa pada siklus I dari 8 aspek yang di amati dalam pembelajaran IPS dengan metode Time Quis adalah 3 aspek yang di lakukan sangat aktif,5 aspek tidak di laksanakan dengan baik, dan hasil evaluasi pada siklus I Ketuntasan KKM hanya 10 siswa ( 35.71%) sedangkan pembelajaran pada siklus II menjadi Hal ini menunjukan bahwa guru telah berusaha dengan baik sehingga siswa sudah aktif dalam belajarnya. Aktifitas yang di lakukan guru pada siklus I dan II juga sangat baik ini di buktikan dengan data observer yaitu keterlaksanaan aspek pembelajaran yaitu 96.42%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-14
How to Cite
Rusdi, N. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME QUIS SUBTEMA 2 JENIS USAHA DALAM KEGIATAN EKONOMI PADA SISWA KELAS V SD NUKILA KOTA TERNATE. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 5(1), 45-53. Retrieved from https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/596