MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 7 MATERI FAKTOR PENYEBAB KERAGAMAN MASYARAKAT INDONESIA DENGAN MODEN SNOBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 KOTA TERNATE

  • Fadila M Tasanif STKIP Kie Raha
Keywords: Hasil belajar IPS Melalui Model snoball throwing

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tema 7 Materi Faktor Penyebab Keragaman Masyarakat Indonesia Dengan Model Snoball Throwing Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 14 Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama.Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dalam istilah Inggris adalah Classroom Action Research (CAR). Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran snoball throwing pada materi faktor penyebab keragaman masyarakat di indonesia pada siklus I belum mengalami peningkatan dengan nilai presentase 78,27%. Dan pada siklus II Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan nilai presentase 87,75%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan menggunakan model pembelajaran snoball throwing  dalam proses pembelajaran pada materi faktor penyebab keragaman masyarakat di indonesia dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 14 Kota Ternate pada tahun ajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-14
How to Cite
Tasanif, F. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 7 MATERI FAKTOR PENYEBAB KERAGAMAN MASYARAKAT INDONESIA DENGAN MODEN SNOBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 KOTA TERNATE. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 5(1), 33-44. Retrieved from https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/595