PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KENAMPAKAN ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN 25 KOTA TERNATE
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran interaktif tentang kenampakan alam guna meningkatkan Hasil belajar siswa kelas IV SDN 25 Kota Ternate. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif deskriptif.
Rancangan penelitian secara berdaur ulang (silkus) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan reffleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 23 orang. Data penelitian ini yaitu tes, wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwasetelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran pada Siklus 1 nampak sekali peningkatan hasil belajar siswa yaitu sebesar 70%, 16 siswa sudah tuntas dan 7 siswa masih belum tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan secara signifikan sebesar 88%.Dengan demikian maka pembelajaran interaktif, ternyata mampu meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi tentang kenampakan alam
Downloads
References
Harlen. 1992. Model Pembelajaran Interaktif. London: Kogon Page.
Hisnu P. Tantya, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 4.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Indrastuti, dkk. 2007. Buana Ilmu Pengetahuan Sosial 5. Bogor: Yudistira
Poerwadarminta. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Nanik Budi. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV. Jakarta: Intan Pariwara.
Suciati, 2007.Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sudjana.1990. Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi.1983. Pedoman Penilaian. Jakarta: Rineka Cipta.
Usman.1999. Penerapan Model Pembelajran Interaktif. Bandung: Pustaka Martina.
Winaputra, S Udin, 2005a.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
-------------------2005b.Materi dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wardani I.G.A.K,. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Universitas Terbuka.