MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI HUBUNGAN ANTARA MAHKLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM MELALUI MODEL KOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH MIRA KAB. PULAU MOROTAI

  • Harina Sangadji STKIP Kie Raha
Keywords: Two Stay Two Stray, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Hubungan Antara Mahkluk Hidup Dalam  Ekosistem Melalui Model Koperatif  Tipe Two Stay Two Stray Pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Mira Kab. Pulau Morotai. Jenis penelitian ini adalah Peneitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas adalah salah satu wahana professional guru untuk memperbaiki kinerjanya dalam pembelajaran di kelas. Penelitian Tidakan Kelas (PTK) adalah salah satu jenis penelitian yang berupanya memecahkan masalah-masalah yang dihadapi guru yang berkaitan dengan proses pembelajaran di kelasnya sendiri. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalaui penggunaan model pembelajaran two stay two stray dengan materi hubungan antara mahkluk hidup dalam ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar kelas V SD Muhammadiyah Mira. Dapat dilihat pada tindakan siklus I dengan jumlah siswa tuntas 6, tetapi pada siklus II dengan 14 siswa terdapat 12 siswa dapat mencapai KKM, dalam hal ini mengalami peningkatan padas ikus II. Untuk itu dalam penelitian ini, penggunaan model pembelajaran tipe two stey two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-15
How to Cite
Sangadji, H. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI HUBUNGAN ANTARA MAHKLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM MELALUI MODEL KOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH MIRA KAB. PULAU MOROTAI. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 1-5. Retrieved from https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/442