MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING KELAS IV SD NEGERI 66 KOTA TERNATE
Abstract
Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk : Untuk untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing . Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 66 Kota Ternate. Teknik pengumpulan data adalah: 1) lembar pengamatan kegiatan guru dan kegiatan siswa selama proses pembelajaran dan 2) tes minat dan hasil belajar siswa. Hipotesis penelitian adalah jika pembelajaran IPA dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing maka hasil belajar siswa pada kelas IV SD Negeri 66 Kota Ternate minimal mencapai 75%. Sebagai simpulan dari penelitian ini adalah: penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran IPA khususnya di kelas IV SD Negeri 66 Kota Ternate, hal tersebut didukung dengan hasil penelitian: Pada siklus I hasil belajar siswa yang memperoleh minimal 75 mencapai 58 %. meningkat menjadi 87 %. Pada siklus I sampai dengan pelaksanaan tindakan Siklus II nampak sekali terjadi peningkatan hasil belajar siswa, dengan demikian terbukti setelah melalui penelitian tindakan kelas, hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam menggunakan meodel pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas IV SDN 66 Kota Ternate meningkat. Dengan demikian hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima