IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL TROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIS RUA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA KONSEP MASALAH SOSIAL

  • Wachyudi Eksan
  • harina Sangdji STKIP Kie Raha Ternate
Keywords: model cooperative learning, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini mengunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas IV MIS Rua dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Hasil PTK ini sebagai berikut : pada siklus I siswa dan guru belum terbiasa dengan suasana pembelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative learning tipe snowball trowing, aktivitas siswa masih rendah, nilai evaluasi individual siswa hanya mendapat sedikit peningkatan yaitu sebanyak 6,6% dari KKM yang diinginkan yaitu 60 nilai siswa hanya mendapat rata-rata skor 66,6. Dari jumlah 25 siswa 5 atau 20% yang masih belum mencapai KKM atau dikatakan belum tuntas dan 12 siswa atau 48% yang tidak terlibat diskusi kelompok. Pada siklus II siswa mulai terbiasa dengan model pembelajaran yang diberikan pada pembelajaran IPS apalagi guru menampilkan media gambar masalah social. Aktivitas siswa mendapat peningkatan dibuktikan dengan semua siswa yang terlibat dalam diskusi kelompok, nilai evaluasi siswa pun meningkat rata-rata skor 74,8 atau 74,8%. Semua siswa mencapai target KKM dan 4 siswa atau16% siswa mendapat nilai sangat baik. Berdasarkan kajian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS kelas IV SD MIS Rua dengan menggunakan model cooperative learning tipe snowball trowing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian penulis menyarankan agar dalam proses pembelajaran IPS pada konsep masalah social menggunakan model cooperative learning tipe snowball trowing demi tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. I. (1997). Classroom Intruction and Management.New York : McGraw Hill Companies
BPTP Disdik Jabar, (2004) Penilaian Sikap dan Kerja Siswa. Bandung: Balai
Pengembangan Teknologi Pendidikan Disdik Jabar.
Depdiknas, (2006).KTSP : Standar Kompetensi Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Pusat Kurikulum.
Djoeaeriah, N. D. (2006). Model Cooperative Learning Teknik Jigsaw dalam Pembelajaran Konsep Cahaya dan Sifat-sifatnya untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi FIP UPI: Tidak diterbitkan
Hermawan, R. Dkk. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Bahan
Belajar Mandiri UPI Bandung: UPI Press
Irman. (2010). Optimalisasi Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi FIP UPI : Tidak diterbitkan
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontektual: Konsep dan Aplikasi. Bandung:
Refika Aditama
Lie, A. (2010). Cooperative Learning : Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas.Jakarta: Grassindo
Mulyadi, Y. (2010). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V.A SDN Tarigu Kabupaten Cianjur dalam Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya
Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw.Skirpsi FIP Upi,
Bandung : Tidak diterbitkan
Rubiyanti, A. (2010). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Metode Eksperimen Dengan Menggunakan Alat Peraga IPA Sederhana Pada Siswa Kelas II SDN Sindanglaya Kabupaten
Cianjur. Skripsi FIP Upi, Bandung : Tidak diterbitkan
Setiawan, I. (2010). Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui model Cooperative Learning Teknik Jigsaw Pada Materi Jenis- Jenis Usaha Perekonomian Masyarakat. Skripsi FIP Upi, Bandung : Tidak Diterbitkan
Universitas Pendidikan Indonesia.(2010). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah.
Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Published
2019-02-26
How to Cite
Eksan, W., & Sangdji, harina. (2019). IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL TROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIS RUA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA KONSEP MASALAH SOSIAL. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 1(1), 11-23. Retrieved from https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/43