PENGGUNAAN ALAT PERAGA JAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD ISLAMIYAH 3 KOTA TERNATE MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SATUAN WAKTU

  • Muti Umanahu
  • Wachyudi Eksan Gani
Keywords: Peningkatan, hasil belajar dan alat peraga

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar dalam menyelesaikan masalah pokok bahasan satuan waktu dengan menggunakan alat peraga jam di kelas 2 SD Islamiyah 3 Kota Ternate. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adaalah penelitian tindakan kelas (PTK), penggunaan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 2 SD Islamiyah 3 Kota Ternate. Waktu penelitian selama 2 bulan, subyek penelitian adalah siswa SD Islamiyah 3 kota Ternate dan pengumpulan data menggunakan teknik observasi tentang pembelajaran, observasi tentang prilaku belajar siswa dan tes penguasaan tentang pokok bahasan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga satuan waktu (jam) berdasarkan prinsip pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Sebelum diterapkan pembelajaran dengan prinsip pembelajaran matematika realistik menggunakan alat peraga satuan waktu (jam) terdapat 22 orang siswa yang belum mencapai KKM ≥ 65, dan baru 8 orang siswa  yang mencapai ketuntasan belajar pada mata pelajaran Matematika. Pada posstes siklus I sebanyak 11 orang siswa yang belum mencapai KKM dengan nilai rata-rata 66,1 (63,4%). Sedangkan pada posttest siklus II telah terjadi peningkatan pembelajaran, siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 30 orang siswa dengan nilai rata-rata siswa 80,7 (100%).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-04
How to Cite
Umanahu, M., & Gani, W. (2020). PENGGUNAAN ALAT PERAGA JAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD ISLAMIYAH 3 KOTA TERNATE MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SATUAN WAKTU. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 69-79. Retrieved from https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/416