PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS III SD NEGERI PIGARAJA

  • Apridayani Marasabessy STKIP Kie Raha
Keywords: Hasil Belajar, Keliling dan Luas Persegi Panjang, Realistik

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika tentang konsep keliling dan luas persegi panjang di kelas III SD Negeri Pigaraja. Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep keliling dan luas persegi panjang melalui pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas III SD Negeri Pigaraja. Desain penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian mi adalah siswa kelas III SD Negeri Pigaraja sebanyak 15 siswa yang terdiri dan 10 orang lakilaid dan 5 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan data awal siswa yang kategori tuntas 5 orang atau presentase ketuntasan kiasikal 33,3%. Pada sikius I banyak siswa yang tuntas 7 orang, presentase ketuntasan klasikal 46,7%. Penelitian dilanjutkan pada tindakan sikius II menunjukkan peningkatan menjadi siswa yang tuntas 13 orang dengan presentase ketuntasan kiasikal 86,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep keliling dan luas persegi panjang di kelas III SD Negeri Pigaraja.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Apridayani Marasabessy, STKIP Kie Raha

AIsyah, dIck. (2007). Pengembangan pembelajaran matematifca SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Isjoni. 2009. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: ALFABETA Sumadi, S. (2012).Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada (Rajawali Pers)

Sugiarto, dIck. (2006). Terampil Berhitung untuk SD Kelas III Jakarta: Erlangga.

Yustian, M dan Usman, M. (2014). Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. [Online].Tersedia:http://www.slideshare.netlhsoczerozerothre model- pembelajaran-matematika-realistik-indonesia-pmri-jadi [19 Juni 2014]

Published
2020-06-04
How to Cite
Marasabessy, A. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS III SD NEGERI PIGARAJA. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 63-68. Retrieved from https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/415