MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS V SD INPRES SENGGA BARU KABUPATEN HALMAHERA SELATAN
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Adapun subyek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang di gunakan adalah lembaran observasi yang berupa daftar cek (checklist) dan lembar kerja peserta didik (LKPD). Pada siklus I terdiri atas 10 butir soal pilihan ganda (PG) dan siswa yang tuntas belajar pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya yaitu sebanyak 11 siswa dengan presentase 55% dari 20 siswa. Sedangkan pada siklus II terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dan siswa yang tuntas belajar pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya yaitu sebayank 18 siswa dengan presentase 90% dari 20 siswa