Meningkatkan Kamampuan Mengucapkan Bunyi Konsonan Bahasa Indonesia Menggunakan Permainan Lagu pada Anak Usia 3-4 Tahun PAUD Hininga Moi Desa Wooi Kec. Obi Timur
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kamampuan mengucapkan bunyi konsonan Bahasa Indonesia melalui permainan lagu pada anak usia 3-4 tahun PAUD Hininga Moi Desa Wooi Kec. Obi Timur. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rencana penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan terdiri dari 4 (empat) tahap kegiatan utama yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi (pengamatan), dan (4) refleksi. Penelitian tindakan kelas ini berlokasi di PAUD Hininga Moi Desa Wooi Kec. Obi Timur pada bulan Juni sampai bulan Agustus 2020. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi dan teknik tes. Untuk melakukan analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa hasil belajar kemampuan mengucapkan huruf konsonan menunjukkan bahwa kemampuan mengucapkan huruf konsonan anak pada prasiklus dapat dinyatakan masih berada di bawah nilai standar minimum yaitu di bawah 68,67 dengan tingkat kualifikasi mulai berkembang. Peningkatan nilai di atas standar minimum yang ditetapkan, yaitu setelah dilakukan tindakan pembelajaran mengucapkan huruf konsonan dengan menggunakan permainan lagu pada siklus I dan II. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa 1) Pembelajaran dengan menggunakan permainan lagu pada indikator bahwa anak mampu mengucapkan huruf konsonan yang benar dengan berdiri di hadapan teman-temannya di depan kelas dapat meningkatkan kemampuan anak usia 3-4 tahun PAUD Hininga Moi Desa Wooi Kec. Obi Timur. 2) Peningkatan kemampuan mengucapkan huruf konsonan anak usia 3-4 tahun PAUD Hininga Moi Desa Wooi Kec. Obi Timur dengan menggunakan permainan lagu terlihat pada rata-rata hasil kemampuan mengucapkan huruf konsonan sesudah diadakan tindakan mengalami peningkatan sebesar 8,33% yaitu dari 68,67% menjadi 77%. Dan peningkatan sebesar 18,67% yaitu dari tindakan siklus I sebesar 77% menjadi 95,67%. Keberhasilan tersebut dapat dikatakan karena dari perbandingan pada prasiklus ke siklus I (tingkat kualifikasi berkembang sesuai harapan) dan dari siklus I ke siklus II (tingkat kualifikasi berkembang sangat baik)
Downloads
References
Amir Hamzah Sulaiman. 1985. Media Audio Visual untuk Pengajaran Pengarahan dan Penyuluhan. Jakarta: P.T Gramedia.
Azhar Arsyad. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Andre, Rinanto 1982. Peranan Media Audio Visual dalam Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Abdul Majid, Abdul Azis. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arif S. Sadiman, dkk. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan,dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Dadan Djuanda. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas
Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Hurlock, Elizabeth. B. 1978. Perkembangan Anak. (Alih bahasa: dr. Med. Meitasari Tjandra dan Dra. Muslichah Zarkasih). Jakarta: Erlangga
Hujair AH. Sanaky. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press
Mukminan. 2009. Handout Mata Kuliah Strategi Pembelarajan. Yogyakarta: FISE.
Rita Eka Izzaty, dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press
Rosmayanti, E. 2010. Pengaruh Lagu Anak- Anak Terhadap Kreativitas Menulis Puisi Siswa Sekolah. Jurnal Sekolah Dasar, ISSN 2528-2883 Vol. 1 No. 1 Sept 2016.
Rasyid, F. 2010. Cerdaskan Anakmu Dengan Musik. Yogyakarta: Diva Press
Santrock, John. W. 1995. Life-Span Development. (alih bahasa: Achmad Chusairi dan Juda Damanik). Jakarta: Erlangga
Tadkiroatun Musfiroh. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas
Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Slamet Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono A. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tadkiroatun Musfiroh. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas