Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Pidato dengan Menggunakan Metode Resitasi pada Siswa Kelas VIII SMP Nurul Hasan Bajo

  • Oktafia Sagaf
  • Idwan Djais
Keywords: Membaca, Pidato, Metode, Resitasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca teks pidato melalui metode resitasi pada siswa kelas VIII SMP Nurul Hasan Bajo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rencana penelitian tindakan kelas(PTK) yang dilakukan terdiri dari 4 (empat) tahap kegiatan utama yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi (pengamatan), dan (4) refleksi. Penelitian tindakan kelas ini berlokasi di SMP Nurul Hasan Bajo pada bulan bulan Juni sampai bulan Agustus 2019. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, tes dan penyebaran angket.  Untuk melakukan analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai rata-rata hasil kemampuan membaca siswa sesudah diadakan tindakan mengalami peningkatan sebesar 9,07% yaitu dari 49,70% menjadi 58,77%. Dan peningkatan sebesar 26,52% yaitu dari tindakan siklus I sebesar 58,77% menjadi 85,29%. Keberhasilan tersebut dapat dikatakan dari  perbandingan pada prasiklus ke siklus I (tingkat kualifikasi cukup) dan dari siklus I ke siklus II (tingkat kualifikasi sangat baik). Oleh karena itu, penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Aktivitas dan hasil belajar membaca teks pidato siswa kelas VIII SMP Nurul Hasan Bajo dalam materi pengajaran dengan menggunakan metode resitasi mengalami peningkatan. 2) Perolahan hasil melalui prasiklus rata-rata nilai adalah 49,70. Hasil siklus I dengan nilai rata-rata hasil evaluasi siswa adalah 59,77. Aktivitas siswa dalam pelaksanaan siklus II mencapai 85,29%. Skor total nilai kemampuan membaca teks pidato tersebut diperoleh dari aspek (1) Kesiapan membaca, (2) Kejelasan suara, (3) Isi Pidato (4) Volume suara, (5) Posisi tubuh dan kontak pandang (6) Jeda (7) Waktu/durasi. Skor perolehan nilai rata-rata kelas yang telah diuraikan, dinyatakan telah memenuhi target ketuntasan dalam pembelajaran yaitu sudah melebihi angka 75%alifikasi baik) dan dari siklus I ke siklus II (tingkat kualifikasi sangat baik).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmiyati. 2007. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca, Yogyakarta : UNY press
Dimyati dan Mudijono. 2009. Belajar dan Pembelajaran, Departemen Pendidikan & Kebudayaan. PT Renika Cipta.
Dechant. 1973. Membaca Sebagai Proses Belajar, Bandung Angkasa Pura
Depdiknas 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi III.Jakarta: Balai Pustaka
Keraf. 1988. Pendekata Monologika Jakarta: Bumi Askara
Fajar Rachmawati 2007. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta
Rakhmat. 2009. Berpidato mederen; Pendekatan Praktis, Bandung: PT Remaja Rosdak
Maidar dan Mukti, 1988. Belajar Berpuisi, Bandung; Alfabeta
Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta : PT Bumi Askara.
Tarigan. 2008. Menulis Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Syafi”e. 1999. Perencanaan Belajar bagi Guru, Jakarta: Rineka Cipta
Syaiful dan Aswin. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Widyamartaya. 1980. Kemapuan Membaca Puisi.Surabaya : Grafinda Persada
Mulyasa. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ombak
Nunuk dan Leo. 2012. Metode Pembelajaran Puisi. Bandung : Sinar Baru
Syaiful Bahri djamrah dan Aswan Zain. 2002. Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Yogyakarta: Diva Pres
Published
2021-09-23
How to Cite
Sagaf, O., & Djais, I. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Pidato dengan Menggunakan Metode Resitasi pada Siswa Kelas VIII SMP Nurul Hasan Bajo. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 10-15. Retrieved from https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/226