Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Kota Ternate
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis paragraf narasi dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Kota Ternate. Dalam melakukan penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan utama PTK adalah untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi didalam kelas. Tindakan penelitian ini tidak hanya bertujuan untuk memecahkan masalah, tetapi sekaligus mencari jawaban ilmiah mengapa hal tersebut dapat dipecahkan dengan tindakan yang dilakukan. Tempat penelitian ini di SMP Negeri 13 Kota Ternate. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan bulan Mei sampai bulan Juli 2019. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Kota Ternate yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Adapun teknik pengambilan data yaitu dengan observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi. dalam melakukan analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual depat meningkatkan kemampuan menulis paragraf narasi siswa. Temuan membuktikan bahwa rata-rata hasil kemampuan menulis siswa sesudah diadakan tindakan mengalami peningkatan sebesar 8,4% yaitu dari 67,4% menjadi 75,8%. Dan peningkatan sebesar 12,56% yaitu dari tindakan siklus I sebesar 75,8% menjadi 88,4%. Keberhasilan tersebut dapat dikatakan dari perbandingan pada prasiklus ke siklus I (tingkat kualifikasi baik) dan dari siklus I ke siklus II (tingkat kualifikasi sangat baik). Oleh karena itu, penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran menulis paragraf narasi melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Kota Ternate dilakukan dengan efektif, lancar dan tuntas yang terlihat dari keseriusan siswa dalam mengikuti pembelajaran. 2) Pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf narasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 13 Kota Ternate, hal ini terlihat pada hasil belajar bahwa nilai rata-rata hasil kemampuan siswa mengalami peningkatan sebesar 8,4% yaitu dari 67,4% (prasiklus) menjadi 75,8% (siklus I). Dan peningkatan sebesar 12,56% yaitu dari sebesar 75,8% (siklus I) menjadi 88,4% (siklus II). Keberhasilan tersebut dapat dikatakan karena dari perbandingan pada prasiklus ke siklus I (tingkat kualifikasi baik) dan dari siklus I ke siklus II (tingkat kualifikasi sangat baik)
Downloads
References
Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara
Depdiknas. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud
------------ 2002. Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta
------------- 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas.
Handayani, Sri,dkk. 2013. Bahasa Indonesia Tulisan dan Penyajian Karya Tulis. Bandung: Kharisma Putra Utama Offiset
Johnson Elaine, B.2012. CTL (Contextual Teaching & Learning) Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung : Kaifa.
Keraf. 1981. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.
______. 2003. Argumentasi dan Narasi Komposisi Lanjutan III. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mujiyanto, dkk, 2000. Buku Pegangan Kuliah FKIP Puspa Ragam Bahasa Indonesia. Surakarta: Universitas Negeri Sebalas Maret Press
Nasucha, Rohmadi dan Wahyudi. 2009. Bahasa Indonesia Untuk Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Media Perkasa.
Nurudin. 2007. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UPT UMM
Nurhadi dan Gerrad Senduk Agus. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning/CTL) Dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Penerbit Universitas Universitas Negeri Malang
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Bandung : Kencana Prenada Media Group
Semi, M. Atar. 1990. Rencana Pengajaran Bahasa dan Sastra. Bandung: Angkasa.
Syarkawi. 2008. Kemampuan Mengembangkan Karangan Narasi BerdasarkanTeks Wawancara oleh Siswa Kelas 1 SMP 1 Kecamatan Seunegan Kabupaten Naga dalam http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi/- diakses tanggal 8 Oktober 2018.
Sugiyono, 2011. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D), Bandung; Alfabeta
Sugiran. 2008. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Memanfaatkan Pengalaman Menulis Buku Harian. http : //utsurabaya.wordpress.com/2010/08. (Diunduh 15 September 2018).
Sudjana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo,
Suparno. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka
Suyitno dan Purwadi. 2000. Dasar-Dasar Komposisi. Surakarta : UNS Press
Tarigan. 1982. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
-----------1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa.Bandung: Penerbit Angkasa
Wiyanto, Asul. 2004. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Gramedia Widiasarana IndonesiaMills, G. E. (2000). Action Research: a guide for teacher researcher. London:Printice-Hall International (UK) Limited.
E. Mulyasa. (2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda karya.
Arikunto, Suharsimi.(2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta :Bumi Aksara
Suyanto. (1997). Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta : IBRD
Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S (2010), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT BumiAksara
Sugiyono.(2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifdan R&D. Bandung : ALFABETA
Usman, Moh Uzer dan Lilis Setiawati. (2001). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda karya.
Suparno. (2008). Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta :Universitas Terbuka
Sudjana. (2002). Metoda Statistika. Bandung :Tarsito
Tauhid dan Saleh (2021)Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction (Di) Materi Peninggalan Sejarah Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tayawi Kecamatan Oba Kota Tidore Kepulauan