MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR KELAS IV SDN 113 KAB. HALMAHERA SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 113 Kab.Halmahera Selatan. Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian seluruh siswa kelas IV SD Negeri 113 Kab.Halmahera Selatan yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 7 perempuan 13 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Kesimpulan bahwa melalui penggunaan media gambar dalam mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 113 Kab.Halmahera Selatan. Hal ini dapat dilihat pada tindakan siklus I, menunjukkan dari 20 siswa terdapat 13 siswa atau (72%) mendapatkan nilai 6, dan 7 siswa (28%) yang mendapat nilai 7. Dan pada tindakan siklus II mengalami peningkatan di mana asil evaluasi terdapat 2 siswa mendapatkan nilai 6,7 dan 18 mendapatkan nilai 7 dan secara keseluruhan rata-rata kelas mejadi 7,50 atau 80% siswa mencapai nilai baik
Downloads
References
Arikunto, Suharsini. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Angkasa
Chatarina Pancer. (2004). Tubuh dan Bahasa, Yogyakarta: Galang Press.
Devia, RTS. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas IVB SDN No.13/1 Muara Bulian Tahun 2012/ 2013. Universitas Jambi. Jambi. http://ecampus.fkip.unja.ac.id/eskripsi/data/pdf/jurnal_mhs/artikel/A12D 110011_428.pdf. diakses hari Minggu tanggal 4 Desember 2016.
Dewi, Kusuma Okta. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMAN 2 Wonosari. Skripsi. FE UNY.
Hamalik, Oemar. (2012). Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara. Jakarta. http:/SukaMembaca01.blogspot.co.id/2015/09/Hakikat-dan-Karakteristikips. Html
Huda, Miftahul, 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ismawati dan Hindarto. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. ISSN: 1693-1246.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena. Jakarta.
Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.
Malik, Kardi. 2014. Penerapan Model Kooperatif Two Stay Two Stray Berbantu Multimedia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil BelajarIPS Di SMP Negeri 1 Sidamanik Sumatera Utara. Tesis. Pascasarjana UNSU.
Mayasari, Dian. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS 2015. ISBN: 978.602.361.002.0
Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Evaluasi Pengajaran. Rosdakarya. Bandung.
Rosdiana, Dian.2017. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS. http://jurnalbidandiah.blogspot.com/2012/04/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-two.html
Sa’dun, Akbar. (2010). Penelitian Tindakan Kelas Filosofi, Metodologi,Implementasi. Yogyakarta: CV.Cipta Medika
Sagala,Syaiful. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung.
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Remaja Rosdakarya. Bandung. Pengembangan Pendidikan IPS SD. UPI PRESS. Bandung.
Silberman, Melvin L. 2011. Active Learning Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Sunariah, Nia Siti. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung.
Suprijono Agus. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
________, Ahmad. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Pranadamedia Group. Jakata.
Sutikno, M Sobry. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana. Lombok
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana. Jakarta
Taniredja, Tukiran, dkk. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta. . 2012.
Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, dan Kotekstual. Prenada Media Group. Jakarta
Uno, Hamzah B. 2014. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Bumi Aksara. Jakarta.
Wahab, Abdul Aziz. 2008. Metode dan Model-model Mengajar IPS. Alfabeta. Bandung.
Wardani, Aprilia Isti (2013), Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SDN Purwoyoso 01 Kota Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang. http://lib.unnes.ac.id/17427/1/1401409180.pdf. diakses hari Jumat 16 Desember 2016.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta
Tauhid dan Saleh (2021)Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction (Di) Materi Peninggalan Sejarah Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tayawi Kecamatan Oba Kota Tidore Kepulauan