PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL GUIDED DISCOVERY DALAM MATERI KERJA SAMA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 133 HALMAHERA SELATAN

  • Yetni Marlina
Keywords: Guided Discovery, meningkatkan hasil belajar

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan pengetahuan teoritis yang diperoleh atau disusun dengan cara yang khas atau khusus, yaitu dengan melakukan observasi, eksperimentasi, penyimpulan, penyusunan teori,eksperimentasi, observasi dan demikian seterusnya kait mengkait antara cara yang satu dengan cara yang lain, IPS mempunyai hubungan sangat luas terkait dengan kehidupan manusia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang merupakan suatu cara yang digunakan oleh guru, kepala sekolah, konselor sekolah, atau pemangku pendidikan yang berada disekitar sekolah untuk melakukan perbaikan praktik-praktik disekolah, dengan memberikan suatu tindakan yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran disekolah tersebut sebagaimana yang telah diuraikan pada bab IV, data skor hasil belajar siswa menunjukan bahwa hasil belajar siswa antara siklus mengalami peningkatan, yaitu skor rata-rata pra-siklus ( =62,4 atau 34,6 %), dan akhir siklus pertama ( =66 atau 53,8 %), dan akhir siklus kedua ( =76,2 atau 100 %),Dari data tersebut dapat dikatakan bahwa presentasi hasil belajar keseluruhan siswa dari pra siklus ke siklus 1sebesar 19,2 % dan nilai rata-rata telah melebih standar KKM, maka pada akhir siklus II ini penelitian dikatakan berhasil karena terjadi peningkatan nilai rata-rata yaitu 85,7 yang artinya telah melebihi batas minimum yang telah ditentukan peneliti dan kolaborator yaitu 65. Maka dapat disimpulkan bahwa terbukti hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 113 Halmahera Selatan

Downloads

Download data is not yet available.

References

KTSP. (2006).Standar Isi dan Standar Kompetensi Kelulusan Untuk Satuan Pembelajaran Dasar SD/MI. Jakarta: BP Cipta Jaya.
Sumaatmadja, Nursid. Dalam Supriatna (2008). Materi Pokok Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Karunika Universitas Terbuka. Jakarta.
Lewis Thomas dan Elaine B. Johnson.(2014). Diaksespada 15 Desember 2018. (http://repository. unpas.ac.id/12882/7/BAB%20II.1.pdf).
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Purwanto.(2010). Evaluasi Hasi lBelajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
AgusSuprijono. (2013). Cooperative Learning TeoridanAplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.
Usman.User.(2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sapriati, Amalia. (2009). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Marzano dalam Markaban.(2008). Model Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika SMK.Yogyakarta :Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika
Sia dari dalam Nupita, Evi.(2013). “Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar.”Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Suryosubroto, B. (2009). Proses BelajarMengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Winataputra, (2008).Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru, SD, SLB, TK. Bandung: Yrama.Widya.
Mills, G. E. (2000). Action Research: a guide for teacher researcher. London:Printice-Hall International (UK) Limited.
E. Mulyasa. (2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda karya.
Arikunto, Suharsimi.(2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta :Bumi Aksara
Suyanto. (1997). Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta : IBRD
Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S (2010), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT BumiAksara
Sugiyono.(2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifdan R&D. Bandung : ALFABETA
Usman, Moh Uzer dan Lilis Setiawati. (2001). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda karya.
Suparno. (2008). Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta :Universitas Terbuka
Sudjana. (2002). Metoda Statistika. Bandung :Tarsito
Tauhid dan Saleh (2021)Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction (Di) Materi Peninggalan Sejarah Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tayawi Kecamatan Oba Kota Tidore Kepulauan
Published
2021-06-15
How to Cite
Marlina, Y. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL GUIDED DISCOVERY DALAM MATERI KERJA SAMA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 133 HALMAHERA SELATAN. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 3(1), 53-60. Retrieved from https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/192