PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO AUDIO VISUAL EKOSISTEM MANGROVE
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D. Prosedur pengembangan mengikuti prosedur Borg dan Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli bahasa dan ahli materi dengan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar instrumen penilain yang diberikan kepada ahli media, ahli bahasa dan ahli materi untuk menguji kelayakan media video pembelajaran audio visual ekosistem mangrove. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kualitas produk. Peneliti ini menghasilkan suatu produk berupa media video pembelajaran audio visual ekosistem mangrove. Berdasarkan penilaian ahli media pada penilaian tahap I mendapatkan rerata skor 0,73% dengan kategori layak dan penilaian tahap II mendapatkan rerata skor 1% dengan kategorinya sangat layak, penilaian berdasarkan ahli bahasa penilaian tahap I 0,7% yang di kategori layak dan penilaian tahap II 1% dngan kategori sangat layak, dan berdasarkan penilaian ahli materi penilaian tahap I 0,72% dengan kategori layak dan penilaian tahap II 1% dengan kategori sangat layak
Downloads
References
Anwariningsih, S. H., & Ernawati, S. (2013). Development of Interactive Media for ICT Learning at Elementary School Based on Student Self Learning. Journal of Education and Learning. Vol.7 (2) pp. 121-128. https://pdfs. semanticscholar.org/bb8e/6f98855eba2c03565c62636547ff9a6ab11a.pdf. diakses pada 06 september 2019
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara (www.juliwi.com). ISSN: 2355-4118. Edisi. 1. No. 4. P: 104-117. https://juliwi.com /published/E0104/ Paper0104_104-117.pdf. diakses pada 06 september 2019
Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan antarmakhluk hidup. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1. No. 1. http://ejournal. upi. edu/ index. php/ penailmiah/ article/ view/ 3576. diakses pada 06 september 2019
Hasan, H. (2016). Penggunaan media audio visual terhadap ketuntasan belajar ips materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi pada siswa kelas iv sd negeri 20 banda aceh. Jurnal Pesona Dasar. ISSN: 2337-9227. Vol. 3 No.4. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/ viewFile/7538/6205. diakses pada 06 september 2019
Holiwarni, B. (2013). Pengembangan media pembelajaran berbantukan Komputer (Computer Assisted Instruction/CIA) untuk pembelajaran kimia SMA. Jurnal SOROT 9 (1). Lembaga Penelitian Universitas Riau. ISSN: 1907 – 364X. 17 – 24. Vol. 9. No. 1. Hal:1 –121. https://media.neliti.com/media/publications/235115-pengembangan-media-pembelajaran-berbantu77eb 54d7.pdfdiakses pada 06 september 2019
Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran).Jurnal Pemikiran Islam. Vol. 37. No.1. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/ Anida/article/viewFile/310/293. diakses pada 06 September 2019
Mintasih, D. (2018). Mengembangkan literasi informasi melalui belajar berbasis kehidupan terintegrasi pbl untuk menyiapkan calon pendidik dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Islamic Teacher Journal. Vol. 6 No. 2. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/viewFile/4 390/2856. diakses pada 06 september 2019
Muhasim. (2017). Pengaruh tehnologi digital, terhadap motivasi belajar peserta didik. Palapa: jurnal studi keislaman dan ilmu pendidikan.; p-ISSN 2338-2325; e-ISSN 2540-9697; 53-77. Volume 5. Nomor 2. https://ejournal. stitpn.ac.id/index.php/palapa/article/download/46/32. diakses pada 06 september 2019
Permadi, A.A.. (2016). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Web dengan pemanfaatan Video Conference mata peljaran produktif teknik komputerdan jaringan di sekolah menengah kejuruan.
Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah menengah pertama negeri 1 pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. ISSN: 2354-6441. Vol.2. No.2. hal:127 – 144. https://ww w.jurnal.fkip.uns.ac.id /index.php/tp/article/viewFile/3659/2560. diakses pada 06 september 2019
Rasyid, M., Azis, A. A., &Saleh., A. R. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia dalam konsep sistem indera pada siswa kelas xi sma. Jurnal Pendidikan Biologi. Volume. 7. Nomor. 2: hlm. 69-80. http://journal2 .um.ac.id /index. php/jpb/ article /download /722/453. diakses pada 06 september 2019
Redhana, I. W. (2019).Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol 13. No 1. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/viewFile/17824/8934. diakses pada 06 september 2019
Restiyani, R., Juanengsih, N., & Herlanti, Y. (2014). Profil pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai media dan sumber embelajaran oleh guru biologi. EDUSAINS. Volume VI Nomor 01, 50 – 66. http://journal.uinjkt.ac.id /index.php/edusains/article/download/1100/ 977. diakses pada 06 september 2019
Setyowati., & Arifana, M. (2004). Studi Keefektifan Pengembangan Pendidikan Masa Depan. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 5 No 2 September 2004 http://dikdas.jurnal.unesa.ac.id.
Taher, M. M., Kamal, M. M., & Zairion. (2012). Potensi dan pengelolaan ekosistem mangrove di Jailolo Selatan, Halmahera Barat, Maluku Utara. ISSN: 2088-110X | E-ISSN: 2088-2475. DOI: 10.13057/wetlands /w020103. https://www.smujo.id/bw/article/download/1797/1715. diakses pada 06 september 2019
Umar. (2017). Media pendidikan (Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran). Jurnal Tarbawiyah. Volume. 11. Nomor. 1. https://e-journal.metrouniv.ac .id/index. php/tarbawiyah/article/download/364/177. diakses pada 06 september 2019