PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI PANAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS V SD INPRES YEISOWO HALMAHERA TENGAH
Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian kelas, dimana tindakan penelitian tidak dilanjutkan jika telah tercapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 70% pelaksanaan dalam penelitian ini adalah 20 siswa Siswa Kelas V SD Inpres Yeisowo Halmahera Tengah. Hasil belajar siswa berdasarkan kriteria ketuntasan belajar perorangan. Hasil siklus I meningkat dengan total nilai sejumlah 1410 dengan nilai rerata yang diperoleh pada siklus I adalah 70,05, dengan peningkatan sejumlah 50 poin dan rerata sebesar 2,5 dari siklus awal. Sementara Hasil siklus II meningkat dengan total nilai sejumlah 1.540 dengan nilai rerata yang diperoleh pada siklus II adalah 77, dengan peningkatan sejumlah 130 poin dan rerata sebesar 6,5 dari siklus I. Hasil siklus III meningkat dengan total nilai sejumlah 1.580 dengan nilai rerata yang diperoleh pada siklus II adalah 78, dengan peningkatan sejumlah 40 poin dan rerata sebesar 1,00 dari siklus II. Selain itu, diharapkan penelitian ini ditindaklanjuti guna memperoleh hasil yang lebih mendalam untuk ruang lingkup penelitian yang sama. Kesimpulan dari hasil penelitan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran STAD pada mata pelajaran IPA telah menunjukan keberhasilan sesuai indikator yang diharapkan