IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SASA KOTA TERNATE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatan hasil belajar siswa pada konsep energi panas dengan menggunakan metode eksperimen (2) seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada konsep energi panas dengan menggunakan metode Eksperimen.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan sumbangan nyata bagi peningkatan profisionalisme guru, meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan wawasan tentang prilaku guru mengajar dan siswa belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Sasa Kota Ternate yang berjumlah 26 orang. Untuk menggumpulkan data penelitian menggunakan tes hasil belajar IPA dan lembar observasi. Bentuk tes soal yang digunakan yaitu dalam bentuk Essay yang berjumlah 10 item. Untuk hasil belajar siswa terdapat ketuntasan belajar sebesar 88,80% dari 26 siswa yaitu 12 siswa kategori memuaskan (46,15%), 6 siswa kategori baik (23,07%), 8 siswa kategori cukup (30,76%). Dengan demikin, hasil belajar siswa sudah memenuhi indikator yang sudah ditetapkan yaitu sekurang-kurangnya 75% dari keseluruhan siswa yang ada di kelas tersebut mencapai ketuntasan belajar 67% atau nilai 67
Downloads
References
Hendro Darmondjo dan Jenny R. E . Kaligis. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: DEPDIKBUD DIKTI.
Hake, 1999, http : // www. Physics. Indiana . edu / ~ sdi / analyzing Change − Gain. pdf . di akses pada tgl 12 Desember 2015
Maslicha asy’ari.(2006). Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar, Yogyakarta: Universitas
Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Nur Fatmawati. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Contextual Teacihing and Learning Pada Konsep Energi. Skripsi
Pater J. I. G. M. Drost, S. J. 1998. Sekolah Mengajar atau Mendidik. Yogyakarta Kanisium Media
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
uharjo. 2006. Mengenai Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Jakarta: DEPDIKNAS DIKTI
Tauhid dan Saleh (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction (Di) Materi Peninggalan Sejarah Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tayawi Kecamatan Oba Kota Tidore Kepulauan


