PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA KONSEP KALOR DI SMA ALHAIRAT WAYAUA KECAMATAN BACAN TIMUR SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Adakah pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII SMA Alhairat Wayaua Kecamatan Bacan Timur Selatan pada konsep kalor dan Seberapa besar model pembelajaran inkuiri dalam meningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMA Alhairat Kecamatan Bacan Timur Selatan pada konsep kalor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi experiment dengan desain Nonekuivalent control grup Design dengan jumlah sampel 20 peserta didik. Hasil penelitian dalam pengujian hipotesisi menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry berperan atau berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa sebesar 0,71. Hasil didapat dengan menggunakan analisis N-Gain sehingga hasil tersebut menggambarkan bahwa hasil belajar siswa berada pada kategori sedang.
Downloads
References
Andharupa, jurnal Desain komunikasi visual & mulitimedia. Vol.01 No 02 tahun 2015
Haerullah & Hasan, 2017. Model & pendekatan Pembelajaran Inovatif (teori dan praktek). Yogyakarta: Lintas Nalar
Jurnal inovasi pendidikan fisika (JIPF) Jurusan Fisika, Faklutas Metematika dan Ilmu Pengatahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya Email: miftah. Rahmalia.ariyanti@gmail.com
Larasati,2005. Kualitas dan Hasil Belajar. Bandung: Alfabeta Jakarta. Bumi Aksara
Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Muhamad Afendi & Evi Chamalah 2013. Model dan Metode pembelajaran di Sekolah. Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Sugiyono 2013, Metode penelitian Kuantitatif,Kualitatif, R & D. Bandung Alfabet
Slameto, 2001. Evaluasi Pendidikan, jakarta: bumi aksara
2003, Belajar dan faktor – faktor yang mempengaruhi. Jakarta: rineka cipta
Tim abadi guru, 2005. Sains Fisika SMP Jilid II. Jakarta: Penerbit Erlangga
Trionto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta : kencana
Wina Sanjaya, 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : kencana