PENERAPAN METODE TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPTIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KOTA TERNATE
Keywords:
Metode Terbimbing, Menulis deskiptif
Abstract
Di era ini, pembelajaran menulis karangan deskripsi sudah menjadi trend. Bahkan lebih spesifik karena bermanfaat untuk kepentingan pembelajaran pada disipin ilmu lainnya. Berdasarkan kategori yang lazim, ada dua objek yang diungkapkan dalam karangan deskripsi sebagai sasaran penelitian ini, yakni Karangan Deskripsi OrangĀ (KDO) dan Karangan Deskripsi Tempat (KDT). KDO meliputi keadaan fisik tokoh, keadaan sekitar tokoh, watak atau tingkah perbuatan, dan gagasan-gagasan sang tokoh. Sedangkan KDT merupakan karangan yang mendeskripsikan keadan suatu tempat atau obyek yang diamati atau diobservasi
Downloads
Download data is not yet available.
References
Akhadiah, Sabarti. 1997. Menulis 1: Buku Materi Pokok EPSNA 2203/2 SKS/MODUL 1-6. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Depdikbud.
Aminuddin. (Ed). 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Malang: Yayasan A3.
Keraf, Gorys, 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Ende-Flores. Nusa Indah.
Nurgiantoro, Burhan. 2000. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPEF.
Padmono. 1993. Kemampuan Siswa Menulis Cerita Pendek dengan Pendekatan Portofolio. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahmanto. 1997. Menulis 1: Buku Materi Pokok EPNA 2203/2 SKS/MODUL 1-6, Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Dekdikbud.
Roekhan, 1991. Menulis Kreatif, Dasar-dasar dan Petunjuk Penerapannya. Malang: Y A 3.
Rostiyah. Metode Pengajaran Membaca dan Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Sujiman. 1988. Apresiasi Sastra untuk Anda (Pengantar Teori dan Pengembangan Sastra Lama. Surabaya: Sinar Wijaya.
Sumarjo, Jakob dan Saini K. M. 2001. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.
Suparno dan Yunus.2009. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Aminuddin. (Ed). 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Malang: Yayasan A3.
Keraf, Gorys, 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Ende-Flores. Nusa Indah.
Nurgiantoro, Burhan. 2000. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPEF.
Padmono. 1993. Kemampuan Siswa Menulis Cerita Pendek dengan Pendekatan Portofolio. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahmanto. 1997. Menulis 1: Buku Materi Pokok EPNA 2203/2 SKS/MODUL 1-6, Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Dekdikbud.
Roekhan, 1991. Menulis Kreatif, Dasar-dasar dan Petunjuk Penerapannya. Malang: Y A 3.
Rostiyah. Metode Pengajaran Membaca dan Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Sujiman. 1988. Apresiasi Sastra untuk Anda (Pengantar Teori dan Pengembangan Sastra Lama. Surabaya: Sinar Wijaya.
Sumarjo, Jakob dan Saini K. M. 2001. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.
Suparno dan Yunus.2009. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2020-12-04
How to Cite
Ahmad, I. (2020). PENERAPAN METODE TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPTIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KOTA TERNATE. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 17-24. Retrieved from https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/107
Section
Articles