KOHERENSI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/koherensi <p align="justify">Jurnal KOHERENSI adalah terbitan berkala ilmiah (EISSN) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, KOHERENSI menempuh misi untuk mendistribusikan informasi serta mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya di bidang Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Dengan menggunakan Open Journal System (OJS), KOHERENSI dapat diakses secara luas dan para peneliti dapat men-submit hasil-hasil penelitian yang dikemas dalam bentuk artikel dengan mengikuti panduan-panduan yang telah disediakan oleh KOHERENSI.</p> en-US agusboriri@gmail.com (Agus Boriri) bokoyusri@gmail.com (Yusri A. Boko) Wed, 20 Apr 2022 00:00:00 +0700 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA KALANGAN REMAJA DI KELURAHAN TOMALOU KOTA TIDORE KEPULAUAN https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/koherensi/article/view/696 <p>Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis dan mendeskripsikan bentuk kesantunan berbahasa kalangan remaja di Kelurahan Tomalaou Kota Tidore Kepulauan. 2) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan prinsip kesantunan berbahasa kalangan remaja di Kelurahan Tomalou Kota Tidore Kepulauan. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa teknik simak, libat cakap, sadap, observasi, dokumentasi, dan rekaman. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiaan membuktikan bahwa 1) Bentuk kesantunan berbahasa dalam komunikasi antar remaja (teman sebaya) dan remaja dengan orang tua (teman tak sebaya), ditemukan masih dominan aspek kesantunannya. 2) Prinsip kesantunan berbahasa dalam komunikasi antar remaja (teman sebaya) dan remaja dengan orang tua (teman tak sebaya) ditemukan dominasi kesantunan. Hal ini dapat dibuktikan dengan kesembilan teks dialog, tiga di antaranya merupakan prinsip kesantunan berbahasa <em>Modesty Maxim</em> (Maksim Kerendahan Hati), dua prinsip kesantunan berbahasa Taet Maxim (Maksim kebijaksanaan). Sedangkan sisanya, dari empat teks dialog, masing-masing hanya satu prinsip kesantunan berbahasa yaitu: Prinsip kesantunan berbahasa&nbsp; <em>Sempathy Maxim</em> (Simpati maksim), <em>Generasity Maxim</em> (Maksim Kedermawanan), <em>Approbation Maxim</em> (Maksim Kesantunan) dan Argeemen Maxim (Maksim Pemufakatan)</p> Agus Boriri; Sartika Samad ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/koherensi/article/view/696 Wed, 20 Apr 2022 00:00:00 +0700 NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NASKAH SOAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 3 KOTA TERNATE https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/koherensi/article/view/697 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterpretasikan data dan informasi tentang analisis naskah soal ujian semester ganjil pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Kota Ternate. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang penulis pergunakan Teknik dokumentasi, yaitu dipergunakan untuk mengumpulkan atau memperoleh informasi tentang naskah soal ujian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik analisis data penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai karakter yang temukan dalam nasakah soal berupa kerja keras, religius, peduli lingkungan, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, peduli sosial, kreatif dan tangung jawab</p> Sartika Samad, Agus Boriri ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/koherensi/article/view/697 Wed, 20 Apr 2022 00:00:00 +0700 IDENTIFIKASI GAYA BERPIKIR KRITIS DALAM MENGERJAKAN TUGAS MENULIS TEKS ARGUMENTASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SATAP MABA https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/koherensi/article/view/700 <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi gaya berpikir kritis siswa dalam tulisan teks argumentasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Satap Maba. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berlokasi di SMP Negeri 4 Satap Maba. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.&nbsp; Untuk melakukan analisis data menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Satap Maba didominasi gaya berpikir siswa dominan Sekuensial Abstrak (SA) sebanyak 8 siswa (38,10%), diikuti gaya berpikir sekuensial konkret (SK) sebanyak 4 siswa (19,5%), acak abstrak (AA) sebanyak 3 siswa (14,29%) dan gaya berpikir acak konkret (AK) sebanyak 6 siswa (28,57%).</p> Nurdja Syukur, Agus Boriri ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/koherensi/article/view/700 Wed, 20 Apr 2022 00:00:00 +0700 MENINGKATKAN KUALITAS MENULIS NARASI MELALUI MEDIA ELEKTRONIK PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM DAGASULI KECAMATAN LOLODA KEPULAUAN KABUPATEN HALMAHERA UTARA https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/koherensi/article/view/701 <p>Penelitian ini dilatar belakangi adanya kesulitan siswa di kelas VIII SMP Islam Dagasuli Kecamatan Loloda Kepulauan Kabupaten Halmahera Utara dalam menyelesaikan materi yang berkaitan dengan menyimak berita.Tingkat pemahaman siswa juga sangat rendah terhadap materi tersebut, sehingga hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal materi Menulis narasi sangat rendah.Oleh karena itu dalam pembelajaran diperlukan pendekatan yang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan Media Elektronik<em>l.</em>Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui aktifitas siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia menyimak berita melalui media <em>elektronikl</em>. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada menyimak&nbsp; melalui media <em>elektronik.</em> Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Islam Dagasuli Kecamatan Loloda Kepulauan Kabupaten Halmahera Utara&nbsp; dari 35 siswa, 21 orang laki-laki dan 14 orang perempuan.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan observasi dan refleksi.Hasil penelitian (1) nilai rerata aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 1,2, pada siklus II 2,7. (2) Nilai rerata hasil belajar yang dicapai siswa&nbsp; pada siklus I 42,20,&nbsp; sedangkan pada siklus II sebesar 82,14.Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui&nbsp; media <em>Audiovisual</em> pada menyimak berita bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Islam Dagasuli Kecamatan Loloda Kepulauan Kabupaten Halmahera Utara dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Adapun rekomendasi yang dapat disampaikan (1) guru dalam setiap pembelajaran, hendaknya memulainya dari hal-hal yang dekat dengan kehidupan sehari-hari anak, dari yang konkrit menuju konsep abstrak (2) guru dapat&nbsp;&nbsp; menggunakan ketrampilan menyimake dalam pembelajaran bahasa Indonesia karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa</p> Idwan Djais, Agus Boriri ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/koherensi/article/view/701 Wed, 20 Apr 2022 00:00:00 +0700