MENINGKATKAN KUALITAS MENULIS NARASI MELALUI MEDIA ELEKTRONIK PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM DAGASULI KECAMATAN LOLODA KEPULAUAN KABUPATEN HALMAHERA UTARA

  • Idwan Djais STKIP Kie Raha
  • Agus Boriri STKIP Kie Raha

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kesulitan siswa di kelas VIII SMP Islam Dagasuli Kecamatan Loloda Kepulauan Kabupaten Halmahera Utara dalam menyelesaikan materi yang berkaitan dengan menyimak berita.Tingkat pemahaman siswa juga sangat rendah terhadap materi tersebut, sehingga hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal materi Menulis narasi sangat rendah.Oleh karena itu dalam pembelajaran diperlukan pendekatan yang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan Media Elektronikl.Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui aktifitas siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia menyimak berita melalui media elektronikl. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada menyimak  melalui media elektronik. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Islam Dagasuli Kecamatan Loloda Kepulauan Kabupaten Halmahera Utara  dari 35 siswa, 21 orang laki-laki dan 14 orang perempuan.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan observasi dan refleksi.Hasil penelitian (1) nilai rerata aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 1,2, pada siklus II 2,7. (2) Nilai rerata hasil belajar yang dicapai siswa  pada siklus I 42,20,  sedangkan pada siklus II sebesar 82,14.Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui  media Audiovisual pada menyimak berita bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Islam Dagasuli Kecamatan Loloda Kepulauan Kabupaten Halmahera Utara dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Adapun rekomendasi yang dapat disampaikan (1) guru dalam setiap pembelajaran, hendaknya memulainya dari hal-hal yang dekat dengan kehidupan sehari-hari anak, dari yang konkrit menuju konsep abstrak (2) guru dapat   menggunakan ketrampilan menyimake dalam pembelajaran bahasa Indonesia karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi & Hotimah, 2016.Prosiding Seminar Nasional Hal.1886.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray Untuk Melatih Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Siswa
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Kunandar.2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Nana Sudjana.2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya
Sitepu, 2014.Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Pers
Sumardi, Suryabrata. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali
Sudjana, 2009.Penlilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Cetakan
Sudjana & Rivai. 1992. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Sinar Baru
Susanto.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi
Yudhi, Munadi, 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru.Ciputat – Jakarta Selatan: Referensi (GP Press Group)
Published
2022-04-20