NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NASKAH SOAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 3 KOTA TERNATE

  • Sartika Samad STKIP Kie Raha
  • Agus Boriri STKIP Kie Raha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterpretasikan data dan informasi tentang analisis naskah soal ujian semester ganjil pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Kota Ternate. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang penulis pergunakan Teknik dokumentasi, yaitu dipergunakan untuk mengumpulkan atau memperoleh informasi tentang naskah soal ujian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik analisis data penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai karakter yang temukan dalam nasakah soal berupa kerja keras, religius, peduli lingkungan, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, peduli sosial, kreatif dan tangung jawab

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisosilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Rajawali Pers.
Aeni,A. N. (2014). Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar Vol.1 No.1.
Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. (Prinsip, Teknik dan Prosedur), Cetakan Kedelapan, Jakarta: Rosda Karya.
Boriri, A. (2022). Sistem Sapaan Kekerabatan dalam Bahasa Galela pada Masyarakat Kecamatan Galela Barat Kabupaten Halmahera Utara. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(2), 517-528.
Daryanto. (2012). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.
Depdiknas, 2003, Undang-Undang No. 20 tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, www.depdiknas.go.id
Dimyanti, dan Mudjiono, (2013), Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Elizabeth B. Hurlock, Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, alih bahasa Istiwidayanti dan Soedjarwo (Jakarta: Erlangga, 2015), h. 123.
Fathur Rokhman et al., Character Education For Golden Generation 2045 (National Character Building For Indonesia Golden Years) (Procedia Journal Social and Behavioral Science, 2014), h.1161.
Fitri, Agus Zaenal. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Hamidy, UU dan Edi Yusriyanto. 2003. MetodePenelitianSastra, Epistemologi, Model Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Hartono. (2014). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Jnana Budaya.19 (2), 259-268.
Kementeri an Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Lestari, Sri. 2013. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Melia Group
Lexy J. Meleong, Metotologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Rosdakarya, 2007)
Lickona, T. (1991). Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Rresponsibility. New York: Bantam Book.
Lickona, T. (2013). Character Matters: Persoalan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Nana Sudjana. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurbaya. (2023). Nilai Pendidikan Karakter dalam Peribahasa Ternate (Sarana Pembelajaran Anak).
Parkay, F. W & Beverly, H. S. (1998). Be-coming a teacher. Boston-Singapore: Allen and Bacon.
Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, h. 4.
Robert E. Slavin, Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik, Terjemahan Marianto Samosir (Jakarta: Indeks, 2011), h. 102.
Samani, Muclas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Samani, M. & Hariyanto. (2014). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sri Judiani, Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan: Balitbang Kemendikbud, 2010), h. 280.
Stacey S. Horn, Christoper Daddis and Melanie Killen, Peer Relationship and Social Groups: Implications For Moral Education dalam Larry P. Nucci & Darcia Narvaez, Handbook of Moral and Character Education (New York: Routledge, 2008), hh. 267-287
Stovika Eva Darmayanti, Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal UNY: Prima Edukasia, 2014, h.225
Sudijono, Anas. 2011. Evaluasi Pendidikan. Jakarta; Raja Grafindo Persada.
Sumantri, Mohammad Syarif.2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktikdi Tingkat Dasar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Syarkawi. 2011. Pembentukan Kepribadian Anak: Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial dan Sebagai Wujud Integrasi Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara
Tim Bahasa Pustaka Agung Harapan. 2003. Kamus Cerdas Bahasa Indonesia Terbaru. Surabaya: CV Pustaka Agung Harapan.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Published
2022-04-20