PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IX MTS. AL-MUNAUWARAH LOLEOJAYA TAHUN AJARAN 2021
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IX Mts. Al-Munauwarah Loleojaya Tahun Ajaran 2021 Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan motivasi siswa yang didapatkan melalui angket, kemudian dibandingkan dengan hasil belajar yang diperoleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas IX MTs Al- Munauwara terhadap hasil belajar. Motivasi siswa terlihat dari jawaban angket sebanyak 69% siswa menyatakan bahwa pelajaran bahasa Indonesia perlu untuk dipelajari, 74% mengatakan bahwa bahasa Indonesia penting untuk dikuasai, dan sebanyak 69% ingin menguasai empat keterampilan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.