PRINSIP KESATUAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR DI KELAS XI SMA NEGERI 4 TIDORE KEPULAUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan prinsip kesantunan berbahasa pada siswa kelas XI saat interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia disekolah SMA Negeri 4 Tidore Kepulauan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah interaksi guru dan siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik simak, libat cakap, observasi, wawancara, merekam, mencatat, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada penerapan pematuhan dan penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa berdasarkan empat indikator kesantunan berbahasa dari maksim leech namun dalam penelitian ini hanya menggunakan dua maksim pada interaksi belajar mengajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Tidore Kepulauan yakni maksim kebijaksanaan (Meminimalkan kerugian pada orang lain dan memaksimalkan kerugian pada diri sendiri) dan maksim kedermmawaan (memaksimalkan rasa hormat kepada orang lain dan meminimalkan rasa tidak hormat kepada orang lain.