IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION IN PKN LEARNING IN GRADE V STUDENTS OF STATE ELEMENTARY SCHOOL 36 TERNATE CITY
Abstract
Pendidikan karakter merupakan komponen esensial dalam membentuk kepribadian dan integritas siswa sejak usia dini, terutama dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pendidikan karakter dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SD Negeri 36 Kota Ternate, serta mengidentifikasi berbagai faktor yang menghambat penerapannya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif,data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter telah diintegrasikan ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan diimplementasikan melalui strategi pembelajaran kolaboratif serta kegiatan pembiasaan dalam kehidupan sekolah sehari-hari. Namun, proses internalisasi nilai-nilai tersebut menghadapi beberapa kendala, termasuk rendahnya kesadaran siswa, pengaruh lingkungan keluarga yang kurang mendukung, serta keterbatasan perhatian individu dalam mengaplikasikan nilai-nilai karakter secara konsisten. Meskipun demikian, pihak sekolah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mengembangkan lingkungan pembelajaran yang kondusif bagi penguatan karakter siswa melalui inovasi pedagogis dan pendekatan partisipatif.
Downloads
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.