DIGITAL TRANSFORMATION IN EDUCATION: A STUDY OF EDMODO IMPLEMENTATION IN ELEMENTARY SCHOOL CURRICULUM DEVELOPMENT COURSES
Abstract
Transformasi digital dalam pendidikan tinggi menjadi kebutuhan mendesak di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, terutama dalam pengembangan kompetensi guru masa depan. Namun, integrasi teknologi pembelajaran dalam mata kuliah pengembangan kurikulum masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi platform Learning Management System (LMS) Edmodo dalam mendukung pembelajaran pada mata kuliah Pengembangan Kurikulum SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara semi-terstruktur terhadap dosen dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Edmodo mampu meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa, memperkuat pemahaman konseptual kurikulum, serta mendorong kolaborasi dan refleksi pembelajaran. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan literasi digital, manfaat pedagogis Edmodo dirasakan signifikan oleh seluruh partisipan. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi LMS dalam pendidikan guru sebagai upaya strategis membangun kesiapan profesional menghadapi pembelajaran abad ke-21. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap literatur pendidikan digital dan menjadi dasar pengembangan kebijakan pembelajaran berbasis teknologi yang lebih adaptif
Downloads
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.