CANVA MEDIA APPLICATION TO IMPROVE SCIENCE LEARNING THEME 1 SUBTEMA 1 MATERIAL CHARACTERISTICS OF LIVING CREATURES IN CLASS III STUDENTS OF STATE 8 PRIMARY SCHOOL TERNATE CITY
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini Untuk mengetahui aplikasi media Canva untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD Negeri 8 Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan Eksperimen quasi yaitu penelitian dapat membagi kelas yang ada dengan tanpa membedakan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen Two Group, Pretest posttest design. Dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Semester ganjil tahun pelajaran semester 2024/2025 yang berjumlah 2 kelas yaitu kelas A dan kelas B di SD Negeri 8 Kota Ternate. Pada hasil penelitian dari hasil skor rata-rata siswa kelas eksperimen 79,13 dan kelas kontrol 47,14 maka dapat di simpulkan bahwa skor rata-rata hasil pembelajaran menggunakan media canva terhadap siswa lebih tinggi dari kelas control. Hasil uji prasyarat menunjukan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol semua data berdistribusi normal dan homogeny dengan distribusi normalitas kelas eksperimen nilai hitung = 5,625 dan tabel = 7,815 artinya bahwa hitung lebih kecil dari tabel maka kelas eksperimen berdistribusi normal. Sedangkan untuk normalitas kelas kontrol nilai hitung = 5,4917 dan tabel = 7,815 artinya bahwa hitung lebih kecil dari tabel maka kelas kontrol berdistribusi normal. Selanjutnya, data analisis dengan menggunakan uji t. hasil tes yang telah di analisis menyatakan bahwa Ternyata t tabel ≥ t hitung 27,8 ≥ 2,015 dengan taraf singnifikan 0,05% pada Db 44 jadi Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini tersebut menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan media canva berpengaruh terhadap hasil belajar IPA materi ciri-ciri Makhluk hidup.
Downloads
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.