DEVELOPMENT OF MULTICULTURAL-BASED STUDENT WORKSHEETS (LKPD) ON THE CRITICAL THINKING ABILITY OF MULTI-ETHNIC STUDENTS IN CLASS X OF SMA NEGERI 3 TERNATE CITY

  • Febriyanti Zulkifli Institut Sains dan Kependidikan (ISDIK) Kie Raha Maluku Utara
  • Ermin Ermin Institut Sains dan Kependidikan (ISDIK) Kie Raha Maluku Utara
  • Najamudin Marsaoly Institut Sains dan Kependidikan (ISDIK) Kie Raha Maluku Utara
Keywords: LKPD development, critical thinking skills, multiethnic students

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengembangan produk LKPD Berbasis Multikultural tehadap kemampuan berfikir kritis peserta didik multietnis kelas X dan untuk mengetahui pengaruh LKPD berbasis Multikultural terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik multietnis kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilanjutkan dengan penelitian Quasi eksperimen. Hasil analisis kovarians diperoleh nilai Fhitung 5.559 dengan nilai signifikansi 0.006 karena nilai signifikansi lebih kecil dari nilai α (0,05) maka Ho ditolak. Penolakan Ho berarti hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa etnis berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik multietnis. Berdasarkan hasil uji lanjut menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis etnis Makian berbeda nyata lebih tinggi 0,53% dari etnis Ternate dan berbeda nyata lebih tinggi 5,65% dari etnis Togale. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kemampuan berfikir kritis etnis Makian lebih tinggi jika dibandingkan dengan etnisTernate dan Togale. Berdasarkan ringkasan hasil uji LSD interaksi antara Lembar Kerja Peserta Didik dan etnis pada Tabel 4.9 dapat dijelaskan bahwa rerata skor terkoreksi kemampuan berfikir kritis peserta didik multietnis pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Eksperimen etnis Ternate berbeda 0,5% dengan eksperimen etnis Makian; berbeda 1,58% dengan kontrol Etnis Makian; berbeda 1,60% dengan Kontrol etnis Ternate; berbeda 0,5% dengan Eksperimen etnis Togaledan berbeda nyata lebih tinggi 6,60% jika dibandingkan dengan kontrol etnis togale. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa interaksi LKPD dan etnis terhadap kemampuan berfikir kritis etnis Ternate lebih tinggi dibandingkan dengan etnis Makian dan Togale.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah.2019 Pembelajaran IPA Abad 21 Dengan Literasi SAINS Peserta didik. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (ssJMPF) Volume 9 Nomor 1 2019 ISSN:2089-6158
Ade Haerullah, M.Nasir Tamalene:PBMP untuk pemberdayaan keterampilan berpikir kritis PESERTA DIDIK multietnis PBMP to Empower Critical Thinking Skill Of Multiethnic Students.BIOEDUKASI Volume 10. Nomor 2. Agustus 2017
Binti Anisaul khasanah, Indah Dwi Ayu. Kemampuan Berfikir Kritis Peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Brain Based Learning: Jurnal Eksponen Volume 7. No 2. September 2017

Dimas.,Zaenuri., Adi nurcahyono (2020). Analisis kemampuan berfikir kritis Matematis pada model Problem Based Learning (PBL) berbantu media pembelajaran interaktif dan google classroom. Vol.3 No 1 (2020): Prosding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas)
Ermin,Najamudin Marsaoly : Pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kemampuan berfikir kritis PESERTA DIDIK multietnis di SMP Negeri Kota Ternate. Jurnal ilmiah wahana pendidikan Vol.7 No.8 Desember 2021
Elsje Theodora Masawet : Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif Snoubaling pada sekolah multietnis terhadap kemampuan berfikir kritis SAINS Biologi PESERTA DIDIK SMP Samarinda:2009
Fatmawati, Mardiyana, Trianto. (2014): Analisis berfikir kritis peserta didik dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan polya pada pokok Bahasan persamaan Kuadrat: PPS Universitas Sebelas Maret Surakarta.VOL.2 No 9 hal 899-910 November 2014
Iffa karimah, Nina nurhasana., Dudung amir soleh (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendidikan Multikultural Pada Pembelajaran PPKN kelas IV SD. Jurnal ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.5 No 2. Agustus 2021: 59-70 ISSN.2615-1960
Jafrinta Irma Ruta Astari, Woro sumarni : Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik bermuatan Etnosains guna meningkatkan kemampuan berfikir kritis. Jurnal off cemistiy us. Education 9 (2)(2020). Universitas Negeri Semarang ISSN NO 2252-6609.
Katriani Laila (2014). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD): Makalah PPM Universitas Negeri Yogyakarta
Komalasari, Agus sujarwanta, Handoko santoso. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Biologi berbasis keterampilan berfikir kritis pada materi Ekosistem MTs kelas VII. Jurnal Lentera pendidikan pusat penelitian LPPM UM METRO Vol.4. No.1, Juni 2019
M.Roni Yunipiyanto, Triananingsi, Pujiastuti:Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dalam proses pembelajaran Ekonomi.Jurnal studi s osial Vol 8. No 1(2020)
Resti,Rendi.2018.Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar.Jurnal Tarbiyah Al-Awlad.Volume VIII Edisi 02.2018, hlm 112-122
Septikasari resti: Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pendidikan Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, Vol VIII Edisi 02,2018, hlm 112-122
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).Penerbit: Alfabeta, Bandung
Temiyati, Nuryadi : Pengembangan LKPD Berbasis Problem based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Jurnal pendidikan dan konseling Volume 4. No.4 TAHUN 2022
Wida, Hobri, Suharto. (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika berbantuan komik Pup-up Dengan model Problem Based Instruction (PBI) sub pokok bahasan Kubus dan Balok untuk peserta didik kelas VIII.Vol.5. No.3 Hal 69-78
Zubaidah, Corebima, & Mistianah.2015. Asesmen Berfikir krtis terintegritasi tes essay. SYMBION: Symposium on Biologi Education. 4 April2015.200-21
Published
2024-07-02
How to Cite
Zulkifli, F., Ermin, E., & Marsaoly, N. (2024). DEVELOPMENT OF MULTICULTURAL-BASED STUDENT WORKSHEETS (LKPD) ON THE CRITICAL THINKING ABILITY OF MULTI-ETHNIC STUDENTS IN CLASS X OF SMA NEGERI 3 TERNATE CITY. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi (JUPEK), 5(2), 74-87. https://doi.org/10.5281/zenodo.12697503