PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI

  • Sunarti Djoko

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mahasiswa di kelas A pendidikan Ekonomi STKIP Kie Raha Ternate. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Objek penelitian adalah 17 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Kie Raha Ternate semester V. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah statistik deskriptif dengan cara melakukan penilaian terhadap hasil belajar mahasiswa berdasarkan hasil Kartu Hasil Studi (KHS). Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay (CRH) pada Siklus I keaktifan kelas meningkat menjadi 74,5% dengan ketuntasan klasikal sebesar 70,5 % dan siklus II mengalami peningkatan keaktifan sebesar 84,1 % dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,5%. Melalui model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay (CRH) juga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi STKIP Kie Raha Ternate tahun ajaran 2018/2019 materi Nilai waktu dari uang semester V tahun pelajaran 2018/2019. pada siklus I meningkat menjadi 77,7 dengan ketuntasan klasikal sebesar 70,5 %, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 81,1 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka. Cipta.
Aqib, Zainal. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran. Kontekstual
(Inovatif). Bandung: Penerbit Yrama Widya. Arifin, Z. (2010)
http://journal2.um.ac.id/index.php/icsar/article/view/2723
Damayanti, S. Metode Penelitian. Bandung: ... Makasar: Graha Ilmu. 2011.
Hollingsworth & Lewis. 2008. Pembelajaran Aktif Meningkatkan Keasyikan Kegiatan.
Di Kelas. Jakarta : PT Macanan Jaya Cemerlang. Huda, Miftahul. 2011.
Marzali, Amri. Antropologi dan Kebijakan Publik. Jakarta:
Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit. PT Remaja
Rosdakarya.
Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja.
Rosadakarya. Sutama,.
Yusmiati 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Published
2020-07-02
How to Cite
Djoko, S. (2020). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi (JUPEK), 1(1), 33-43. https://doi.org/10.5281/zenodo.4435201