PENDIDIKAN EKONOMI BERKARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI EKONOMI KEINDONESIAAN

  • Iswadi M Ahmad

Abstract

Pendidikan ekonomi di lembaga pendidikan perlu diamandemen agar sesuai dengan Pancasila dan Pasal 33 UUD 1945. Artikel ini menkaji secara kritis dan kostruktif pendidikan berkarakter dalam prespektif  Ekonomi Pancasila. Hasil kajian menyatkan bahwa penyelengaraan pendidikan ekonomi berkarakter harus menginternalisasi nilai-nilai ekonomi Pancasila dan ekonomi ekologi dalam pembelajaran ekonomi. Tenaga pendidik (Guru dan Dosen) disarankan dapat mendesain ulang pembelajaran ekonomi agar sesuai dengan Pancasila dan Pasal 33 UUD 1945.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, F. H. 2016. Urgensi Pembelajaran Ekonomi Cukup Berwawasan Pasal 33 Ayat (1) UUD 1945 pada Sekolah Menengah Atas. National Conference On Economic Education.
Ahmad, I. M. 2015. Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Pancasila Melalui Model Democratic Cooparative Learning (DCL) di SMA Negeri 3 Kota Ternate. Tesis Program Pascasarjana UM.
Fitriana, R. D. 2016. Pembelajaran Konsep Ekonomi Pancasila Melalui Pendekatan Kearifan Lokal Pada Anak Sekolah Dasar. National Conference on Economic Education.
Haq, I. I. 2017. Revitalisasi Materi Pembelajaran Ekonomi Berbasis Ekonomi Kerakyatan. National Conference on Economic Education.
Isma’il, M., Santosa, D. B., & Yustika, A. E. 2015. Sistem ekonomi Indonesia: Tafsiran Pancasila & UUD 1945. Penerbit Erlangga.
Mubiyarto & Budiyono (Ed.) 1987. Ekonomi Pancasila. Yokyakarta: BPFE-
Yokyakarta.
¬¬¬_______. 1980. Ilmu Ekonomi, Ilmu Sosial Dan Keadilan. Jakarta: UGM PRES.
_______.1987. Ekonomi Pancasila. PT. Pustaka LP3ES Indonesia: Jakarta.
_______. 2002. Ekonomi Pancasila. BPFE Yogyakarta.
_______. 1988. Sistem dan Moral Ekonomi Indonesia. LP3ES. Jakarta.
Santosa, A. 2009. Ekonomi kerakyatan . Yogyakarta: Marcu Buana.
Sujono, G. 2012. Analisis Kelayakan Buku Ajar Ekonomi Mikro Dari Perspektif Ekonomi Pancasila.(Disertasi). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.
Swasono, Sri-Edi. 2002. Mengubah Pakem: Kompetensi dan Integritas Sarjana
Ekonomi. Makalah disajikan pada seminar yang diselengarakan oleh
Bappenas bekerjasama dengan United Nations Support Facility for
Indonesian Recovery (UNSFIR), Jakarta, 24-25 Oktober 2002
_______. 2009. Keparipurnaan Ekonomi Pancasila: Menegakkan
Ekonomi Pancasila. Makalah disajikan pada Kongres Pancasila
KerjasamaUniversitas Gadjada dan Mahkama Kostitusi UGM,
Yokyakarta, 30 Mei-1 Juni 2009
_______. 2010. Indonesi dan Doktrin Kesejahteraan Sosial-Dari Klasik dan
Neoklasik Sampai Ke The End Of Laaisez-Faire. Jakarta: Perkumpulan
Prakarsa
_______. 2012. Meluruskan Penyelewengan Mandat Kostitusi: Pancasila
Nasionalisme Pasal 33 UUD 1945 Menolak Liberalisme . Kuliah Umum
Universitas Negeri Malang, 4 Julu 2012
TEAM Kependidikan Lab. Pancasila UM, 2012 Sistem Pendidikan Nasional
Pancasila Menegakkan dan Membudayakan Visi – Misi Pendidikan
Karakter Berbasis Pancasila . Malang: Lab. Pancasila UM
Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945. 2002. Jakart: Palito
Media.
Wahjoedi. 2013. Pendidikan Ekonomi Berkarakter Indonesia Kebutuhan Masa
Depan. Makalah disajikan Pada Kuliah Umum di Universitas Tanjung
Perak, Pontianak. 27 April 2013.
_______. 2015. Pendidikan Ekonomi Berkarakter Nilai-Nilai Pancasila . Malang:
Universitas Negeri Malang.
Witjaksono, M. 2013. Redefinisi, Reorientasi, dan Redesain Pembelajaran Ekonomi Mengacu pada Amandemen Pasal 33 UUD 1945. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 1–12.
Published
2020-07-02
How to Cite
Ahmad, I. (2020). PENDIDIKAN EKONOMI BERKARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI EKONOMI KEINDONESIAAN. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi (JUPEK), 1(1), 10-21. https://doi.org/10.5281/zenodo.4435190