PENGARUH METODE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH II KOTA TERNATE
Abstract
Sebagai salah satu metode pembelajaran learning start with a question yang cukup baik untuk digunakan dalam proses pembelajararan metode learning start with a question merupakan suatu motode pembelajaran, yang mana siswa di tuntun untuk bertanya dapat membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa terhadap sustu masalah yang sedang dibicarakan menemukan pemecahan masalah dari suatu pengetahuan yang mereka miliki, dan hal itu dilakukan sebagai upaya untuk megaktifkan siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh metode learning start with a question dengan metode konvensional terhadap hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas VII Muhamadiyah II KotaTernate. Jenis penelitian dalam penelitin ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen atau eksperimen semu desain ini menggunakan kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh metode learning start with a question dengan metode konvensional terhadap hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas VII Muhammadiyah II KotaTernate . Dengan kriteria pengujian jika ttabel < thitung maka Ho diterima dan Ha ditolak, ternyata ttabel < thitung atau 2,001 > 4,276 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan perbedaan pengaruh metode learning start with a question dengan metode konvensional terhadap hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas VII Muhamadiya II Sulamadaha Kecamatan Ternate Barat Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan pengaruh metode learning start with a question dengan metode konvensional terhadap hasil belajar IPS Ekonomi Siswa kelas VII SMP Muhammadiyah II KotaTernate.
Downloads
References
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Srategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Kunandar, 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Pengembangan Propesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Oemar Hamalik. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2008.
Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sagala, Syaiful. 2009. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabetha. Sam’s, Rosma
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawai Pers. Sudjana,
Zaini H, Munthe, B. dan Aryani S.A. Strategi Pembelajaran (Yoyakarta: Pustaka Insan Madani. 2008)
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.