EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI PADA MATERI HIDROSFER DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 SULABESI TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas keaktifan dan hasil belajar IPS dalam bidang geografi pada materi hidrosfer dan pengruhnya terhadap keidupan dengan penerapan model pembelajaran time token dan mendapatkan bukti bahwa model pembelajaran time token dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sulabesi Tengah tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, setiap siklus di tempuh dengan 2 kali tindakan yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektifitas keaktifan dan hasil belajar dalam pelaksnaan pembelajaran mulai dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan dengan cara memulai samua komponen atau krateristik Time Token yang terangkum dalam 15 indikator kekatifan dan melalui penyampaian informasi (penyajian kelas), dan skor peningkatan individu, bukti peningkatan keaktifan siklus Isiswa, rata-rata 42,59% pada siklus II mengalami peningkatan yaitu menjadi 90,17%. Bukti peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Time Token selama pelaksanaan tindakan mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Hasil belajar siswa yang sudah memenuhi nilai KKM (70) pada siklus I sebanyak 5 siswa (27,77%) meningkat pada siklus II sebanyak 16 siswa (88,88). Dengan demikian model pembelajaran time token dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS.
Downloads
References
Bintarto. (1973). Hakikat Keilmuan Geografi. Penerbit Setia Purna Inves 2007 Bandung.
Cangara H., (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Cetakan Kedua. Penerbit Grafindo Perseda Jakarta.
Dimyati. (2002). Belajar Dan Pembelajaran. Penerbit Rineka Cipta Jakarta.
Diyah U., (2012). Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Time Token Siswa Kelas VII B SMP Negeri 3 Pakem Slamen. Universiats Yogyakarta. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Negeri Yogyakarta, 214.
Hamlik O., (2008). Proses Belajar Mengajar. Penerbit Bumi Aksara. Balai Pustaka Jakarta.
Hanafiah dan Suhana C., (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Penerbit Refika Aditama Bandung.
Huda M., (2013). Model-Model Pengajar Dan Pembelajaran. Penerbit Pustaka Belajar Yogyakarta.
Kabupaten Kepulauan Sula—Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas.Pdf.
Lewin K., (1990). Action Researd And Minority Problem. 3 Ed. Victoria: Deakin Univercity.
Muliawan, J. U., (2014). Meteodologi Penelitian Pendidikan. Penerbit Gava Media Yogyakarta.
Muliyadi, et. al. (2007). IPS Terpadu Untuk SMP/MTS Kelas VII. Penerbit Cv Aneka Ilmu Semarang.
Poerwanti, E., dan et.al. (2008). Asesmen Pembelajaran Sd. Penerbit Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Jakarat.
Rafika Dhona, H., (2018). Komunikasi Geografi. Jurnal Komunikasi, 13(1), 1–16. Https://Doi.Org/10.20885/Komunikasi.Vol13.Iss1.Art1
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Provesionalisme Guru. Penerbit Raja Grafindo Jakarta.
Sanjaya W., (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Kencana Pranada Media Grup Jakarta.
Sapriyah. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Widya Karya Semarang.
Slameto. (2003). Belajar Dan Fakto-Faktor Yang Mempengaruhinya. Penerbit Rineka Cipta.
Somantri N., (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan Ips. Penerbit Remaja Rosda Karya Bandung.
Sudijono dan Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Penerbit Raja Grafindo Persada Jakarta.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta Bandung.
Suharyono dan Moch, A., (2013). Pengantar Filsafat Goegrafi. Penerbit Ombak Yogyakarta.
Sukestiarno dan Wardono. (2009). Statistika. Penerbit Universitas Negeri Semarang, Cet Semarang.
Tamansiswa J., Maluku Malut. 0402387394: SMP Negeri 3 Sulabesi Tengah. Cabang Sanana. Tidak ada Ya.
Tanirebja. (2011). Model Pembelajaran Inovasi. Penerbit Alfabeta Bandung.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Penerbit Bumi Aksara Jakarta.
Yamin. (2004). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Penerbit Gaung Persada Jakarta.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.