PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH MASA DEPAN
Abstract
Pendidikan adalah pilar yang sangat menentukan bagi kemajuan suatu bangsa.Tanpa pendidikan yang memadai suatu bangsa sulit berkembang dan bahkan akan terus terpuruk dalam percaturan perkembangan global maupun internasional. Proses pendidikan adalah mempersiapkan manusia untuk dapat hidup layak di masa depan, suatu masa yang tidak mesti sama bahkan cenderung berbeda dengan masa kini. Berkaitan dengan pendidikan dimensi jangka panjang ini memberikan pemahaman bahwa pendidikan harus menjadi jembatan bagi peserta didik untuk dapat mengantarkan dari kehidupan masa kini ke kehidupan masa depan. Di Abad-21 ditantang untuk mampu menciptakan pendidikan yang dapat ikut menghasilkan sumber daya pemikir yang mampu ikut membangun tatanan sosial dan ekonomi sadar pengetahuan sebagaimana layaknya warga dunia di Abad-21. pembelajaran di era abada 21 menekankan pada kemampuan peserta didik dalam mencari tahu dari berbagai sumber, merumuskan permasalahan, berpikir analitis dan kerjasama serta berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah dengan memanfaatkan sumber yang majemuk. Untuk mengembangkan pembelajaran pada abad 21 maka pembelajara Life Based Learning menjadi acung untuk diterapkan pada proses pembelajaran. Life-based learning menekankan pada pengembangan kapabilitas di era ilmu pengetahuan untuk berkontribusi bagi kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat
Downloads
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.