https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/jipsh/issue/feed Jurnal Ilmu Pendidikan, Sains, dan Humaniora 2022-03-20T15:01:57+07:00 Irwan Abdullah irwanabdullah833@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal ilmu Pendidikan, Sains dan Humaniora merupakan jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Kie Raha Ternate. jurnal ini digunakan sebagai sarana untuk mempublikasikan hasil penelitian atau maupun kajian literatur terkait perkembangan ilmu pada bidang pendidikan, Sains dan humaniora. Jurnal ini terbit dalam dua kali dalam satu tahun. Diantaranya pada bulan Februari dan Agustus</p> https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/jipsh/article/view/213 PENGARUH KEBERADAAN MINI MARKET TERHADAP KIOS-KIOS KECIL DI KELURAHAN SASA KECAMATAN TERNATE SELATAN 2022-03-20T15:01:38+07:00 Muhammad Ichsan A. Gani geografiichsan626@gmail.com Irwan Abdullah irwanabdullah833@gmail.com <p>Aktivitas perdagangan atau jual beli dilakukan di pasar. Pasar tradisional adalah pasar dengan ciri utama terdapat tawar-menawar harga dalam proses jual beli, sedangkan pasar modern merupakan pasar yang dikelola dengan manajemen modern, umumnya terdapat di kawasan perkotaan, sebagai penyedia barang dan jasa dengan mutu dan pelayanan yang baik kepada konsumen (umumnya anggota masyarakat kelas menengah ke atas).Perilaku konsumen <em>(consumer behavior) </em>merupakan perilaku yang ditunjukkan dalam mencari, membeli, menggunakan, menilai dan menentukan produk serta jasa. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen meliputi budaya, sosial, dan kepribadian, dalam memutuskan untuk pembelian. Sampel konsumen pada penelitian ini dengan menggunakan metode <em>Accidental sampling. </em>Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, interview dan kuesioner. Hasil dari angket perilaku konsumen dan pendapatan kios-kios kecil berdasarkan indikatornya yakni budaya, sosial, pribadi dan prilaku konsumen terdapat pengaruh dengan t<sub>tabel </sub>=1,860. Uji reliabilitas reliabel karena r<sub>11</sub>&gt;0,60. Analisis koefisien korelasi dihasilkan r<sub>xy</sub> =0,774 lebih besar dari r<sub>tabel </sub>=0,632 hipotesis alternatif (Ha) diterima. Koefisien korelasi dan determinan dihasilkan (r<sub>xy</sub>)=0,774 disimpulkan bahwa prilaku konsumen berpengaruh terhadap pendapatan kios-kios kecil. Taraf signifikansi 5% dan dk (n-2) diperoleh t<sub>tabel</sub> sebesar 1,895 juga berpengaruh.Dari hipotesis yang dirumuskan didapatkan hasil ternyata ada pengaruh keberadaan Minimarket terhadap Kios-kios kecil di Kelurahan Sasa.</p> 2021-08-09T06:59:42+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/jipsh/article/view/214 INTERNALISASI MAKNA DOROBOLOLO DALAM PENDIDIKAN INFORMAL DI KELURAHAN TAKOME KECAMATAN TERNATE BARAT 2022-03-20T15:01:44+07:00 Idwan Djais idwandjais23@gmail.com <p>Penilitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan makna atau nilai-nilai dorobololo dalam pembentukan karakter serta pola hidup masyarakat Kelurahan Takome Kecamatan Ternate Barat. sastra lisan, banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia salah satunya adalah masyarakat Ternate, berdasarkan gambaran umum permasalahan di atas, maka kita sama-sama dapat mengetahui bahwa sastra lisan yang sering digunakan oleh masyarakat ternate khususnya Kelurahan Takome Kecamatan Ternate Barat sampai saat ini adalah dorobololo. Penilitian ini merupakan penilitian kualitatf, dengan pendekatan deskriptif, sesuai dengan tujuan penilitian. Yang menjadi pokok pangkal dalam penilitian ini, yakni mengidentifikasi dan mendeskripsikan makna atau nilai dalam dorobololo. Kegiatan penilitian dilaksanakan di Kelurahan Takome Kecamatan Ternate Barat, waktu penelitian dilaksanakan selama dua bulan. Tehnik pengumpulan data dilapangan akan dilakukan dengan cara: 1. Obserfasi/pengamatan, 2. Dokumentasi, 3. Wawancara. Tehnik analisis data dalam penilitian ini, peneliti menggunakan tehnik analisis kualitatif yang merupakan salah satu prosedur penilitian yang menghasilkan data deskriptif.</p> 2021-08-09T07:06:48+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/jipsh/article/view/215 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI PADA MATERI SIKLUS HIDROLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 65 KABUPATEN HALMAHERA SELATAN 2022-03-20T15:01:48+07:00 Darling Surya Alnursa andisuaema@gmail.com Andi Suaema andisuaema@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Geografi pada materi Siklus Hidrologi siswa kelas VII SMP Negeri 65 Kabupaten Halmahera Selatan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture sesuai dengan standar KKM, hasil pada siklus I dengan nilai rata-rata 62,4 dan dari 100% siswa yang berada dikelas tersebut hanya 36% yang mencapai mencapai kriteria ketuntasan minimun (KKM) sementara 64% tidak mencapainya. Hasil pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 72 maka siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimum sebanyak 72% dari semua siswa yang berada di kelas tersebut dan 28% tidak mencapainya.</p> 2021-08-09T07:18:08+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/jipsh/article/view/216 KAJIAN TRANSPORTASI LAUT DI PELABUHAN LOKAL PULAU TERNATE PROVINSI MALUKU UTARA 2022-03-20T15:01:51+07:00 Kartini Ali irwanabdullah833@gmail.com Muhammad Ichsan A. Gani geografiichsan626@gmail.com <p>Transportasi merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan perpindahan baik pemindahan orang maupun barang dari suatu tempat ke tempat lain. Penelitian ini terdapat di Pulau Ternate yang bertujuan untuk mengetahui pelayanan transportasi laut di pelabuhan lokal dan &nbsp;mengetahui kualitas pelayanan transporatsi laut di pelabuhan lokal Pulau Ternate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif, tujuannya agar dapat menggambarkan kualitas layanan transportasi laut dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Pulau Ternate yang menggunakan angkutan laut dengan melakukan wawancara dan pembagian kuesioner kepada para calon penumpang di beberapa pelabuhan dan mengetahui kinerja pelayanan rute. Berdasarkan hasil survey transportasi laut di pelabuhan lokal, dari ke enam pelabuhan tersebut, baik pelabuhan Bastiong sampai dengan pelabuhan sulamadaha diketahui terdapat transportasi dengan rute dan pelayanan yang berbeda – beda sesuai dengan kapasitas dan kelayakan masing – masing.Pelayanan pada transportasi lokal di setiap dermaga atau pelabuhan tersedia cukup banyak, baik dari pelabuhan/dermaga bastiong maupun dermaga sulamadaha sehingga dilakukan bergilir dalam mengangkut penumpang, tetapi kadang-kadang sering ditemuinya beberapa armada yang menyalahi aturan dimana terjadi pemuatan penumpang yang tidak sesuai kapasitas armada tersebut tanpa sepengetahuan petugas di wilayah operasi. kualitas pelayanan pada transporatasi lokal sangat terbatas baik dari tingkat keamanan maupun kenyamanan yang mana kelengkapan alat keselamatan tidak memadai, fasilitas yang ditemukan kurang mendukung khususnya speedboat</p> 2021-08-09T07:25:10+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/jipsh/article/view/217 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GRUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 HALMAHERA SELATAN 2022-03-20T15:01:57+07:00 Jufri Ade jufriade1986@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan Hasil belajar matematika siswa melalui model Pembelajaran Kooperatif tipe <em>Group </em><em>Investigation. </em>Penelitian dilaksanakan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Halmahera Selatan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas, wawancara, dan tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperati tipe <em>Group Investigation </em>dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan hasil belajar matematika siswa terlihat dari persentase pada siklus I sebesar 62%, yaitu meliputi aktivitas visual 66%, aktivitas menulis 64%, aktivitas oral 60% aktivitas mental 56%, dan aktivitas emosional 70%. Pada siklus II meningkat menjadi 76% yang meliputi aktivitas visual 76,67%, aktivitas menulis&nbsp; 73,33%,&nbsp; aktivitas oral 76,67%, aktivitas mental 73,33%, dan aktivitas emosional 80%.</p> 2021-08-09T07:29:58+07:00 ##submission.copyrightStatement##