Analisis Kualitatif Pembelajaran Individual Matematika Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Ringan di SLBN X Kelas IV

  • Dian Rianita Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus, Jl Lingkar Utara UMK, Gondangmanis, Bae, Kudus
  • Ainun Naqiyyah Roudlotul Jannah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus, Jl Lingkar Utara UMK, Gondangmanis, Bae, Kudus
  • Arcivid Chorynia Ruby Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muria Kudus, Jl Lingkar Utara UMK, Gondangmanis, Bae, Kudus
Keywords: Media Konkret;, Matematika;, Pendekatan Adaptif;, Pembelajaran Individual;, SLB;, Tunagrahita ringan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kualitatif proses pembelajaran individual matematika pada siswa tunagrahita ringan di kelas 4 SLB X. Subjek penelitian adalah seorang siswa berinisial FAA yang berusia 11 tahun dan didiagnosis dengan tunagrahita ringan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran individual yang menggabungkan media konkret, visual, dan kinestetik mampu meningkatkan pemahaman konsep dasar matematika, khususnya penjumlahan dan pengurangan bilangan 1–10. FAA menunjukkan peningkatan dalam menyelesaikan soal secara mandiri, meskipun masih membutuhkan waktu lebih lama dalam mengerjakan soal cerita dan latihan penulisan angka. Temuan juga memperlihatkan bahwa keterlibatan guru melalui metode adaptif dan pendampingan orang tua di rumah berperan penting dalam membangun motivasi dan kepercayaan diri siswa. Pembelajaran yang sistematis, menyenangkan, dan sesuai karakteristik anak terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung dasar siswa tunagrahita ringan. Setelah enam pertemuan, FAA mampu menyelesaikan 80% soal penjumlahan dan pengurangan angka 1–10 secara mandiri menggunakan media konkret, meskipun masih memerlukan pendampingan dalam menyelesaikan soal cerita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, A. C., Utami, R. T., & Maisuhetni. (2024). Peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar pasca pandemi Covid-19 pada anak tunagrahita kelas VII di SLB Pelita Kasih. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 12672–12681.

Fahmiyah, A. U., Kuswandi, D., & Wahyuni, S. (2025). "Using Learning Media to Improve Beginning Reading Skills: Penggunaan Media Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan." PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini : 308-326.

Fantiro, F. A., Sutrisno, B., & Haris, A. (2025). Pembelajaran pendidikan jasmaniUntuk Guru Sekolah Dasar Inklusi. UMMPress,.

Hakim, A. H. B. (2021). Sinergitas guru dan orang tua dalam pembelajaran aqidah akhlak di era pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Mojokerto). Diss. Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

Harahap, A. R., & Ndona, Y. (2025). Model Pendidikan Inklusif untuk Kesadaran Kewarganegaraan yang Aktif dan Bertanggung Jawab. PEMA 5.2 : 305-313.

Jenita, J., Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, H., Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan teknologi dalam menunjang pembelajaran: Pelatihan interaktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13121-13129.

Liu, Y., & Lee, C. (2021). Effective strategies for teaching mathematics to students with intellectual disabilities: Concrete and adaptive approaches. Journal of Special Education Pedagogy, 18(2), 40–55

Manjilah, E. L., Shofa, I. M., & Rubys, A. C. (2024). Analisis kesulitan anak berkebutuhan khusus tunagrahita dalam belajar menghitung angka di SLB Negeri Purwosari Kudus. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(2), 950–958.

Ningrum, N. A. (2022). Strategi pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusi. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences 3.2 181-196.

Ratnaningsih, Een, et al. (2024). "Mathematics education for students with intellectual disabilities: A study on thematic books utilization in special schools." International Journal of Education and Practice 12.3 : 968-978.

Santoso, S., Kusnanto, E., & Saputra, M. R. (2022). Perbandingan metode pengumpulan data dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif serta aplikasinya dalam penelitian akuntansi interpretif. OPTIMAL Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(3), 351-360.

Sari, L. P., & Ain, S. Q. (2023). Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7 (1), 75–81

SafitriI, J. (2022). Teknik Modeling Islami untuk membentuk perilaku adaptif anak Tunagrahita Di SLBN 2 Lombok Barat. Diss. UIN Mataram,.

Setiawan, A., Hariastuti, R. T., & Nursalim, M. (2025). Penerapan Bimbingan Karir pada Anak Tunagrahita di SMA Negeri 1 Menganti. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12.1 : 186-200.

Sukardi. (2020). Model pembelajaran matematika berbasis media konkret untuk siswa tunagrahita ringan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutarman. (2024). Metode Pengajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Dan Autis Di SLB YKK Pacitan. Jurnal Edumatica. 5(1): 50-66

Silvia, A. L., Ardiansyah, R., & Kurniawan, D. (2023). Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Dengan Menggunakan LKPD Berbantuan Media Kantong Perkalian Matematika. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 7.1 : 352-361.

Srihandoko, W., & Ayu, F. R. P. (2021). "Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pada Sekolah Islam Ibnu Hajar." Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan 1.1 : 31-40.

Sanusi, Rahmat, et al. (2020). "Pengembangan flashcard berbasis karakter hewan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak tunagrahita ringan." Jurnal Pendidikan Edutama 7.2 : 37-46.

Tamrin, M. H. (2020). "Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Cantol Roudhoh Pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri Tidore." Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 6.4 : 872-886.

Thoyyibah, Sholekhatun. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Gambar Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar V di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur.

Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 5.1 : 46-57.

Westling, D., & Fox, L. (2020). Adaptive instructional design for learners with intellectual disabilities. Journal of Special Education Technology.

Yuniawan, A. T. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Berbasis Simulasi untuk meningkatkan Keterampilan Mandi Wajib Bagi Penyandang Tunagrahita. Diss. Universitas Islam Indonesia.

Published
2025-06-28
How to Cite
Rianita, D., Roudlotul Jannah, A. N., & Ruby, A. C. (2025). Analisis Kualitatif Pembelajaran Individual Matematika Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Ringan di SLBN X Kelas IV. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(1), 173-184. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i1.923